Brasil Dipecundangi Meksiko

Achmad Firdaus, Jurnalis · Senin 04 Juni 2012 04:25 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 04 51 640682 1wuwpjUq3W.jpg Ekspresi kekecewaan striker Brasil, Hulk, di tengah perayaan gol pemain Meksiko (Foto: Getty Images)

TEXAS - Timnas Brasil baru saja menuai pujian setelah sukses menekuk salah satu kontestan Euro 2012, Denmark. Namun, kini mereka justru mendapatkan cemoohan lantaran dipecundangi Meksiko.

Akhir pekan lalu, skuad Selecao mendapat pujian dari berbagai kalangan usai tampil brilian kala menghadapi Denmark yang tengah mempersiapkan diri tampil di Euro 2012. Brasil yang di pertandingan itu banyak dihuni pemain muda, sukses menekuk Tim Dinamit dengan skor cukup telak 3-1.

Akan tetapi, tren positif itu gagal dilanjutkan skuad besutan Mano Menezes. Dalam laga uji coba kontra Meksiko, Minggu (3/6/2012) dini hari WIB, Brasil bertekuk lutut dengan skor 0-2.

Dalam laga yang berlangsung di Cowboy Stadium, Arlington, Texas, Brasil sebenarnya tampil dengan komposisi yang tidak jauh berbeda dari skuad yang menundukkan Denmark. Menezes tetap mengandalkan Neymar di lini depan. Kali ini, bintang Sao Paulo itu ditemani striker FC Porto, Hulk dan Leandro Damiao.

Akan tetapi, mereka tampil kurang efektif, meski cukup dominan dalam penguasaan bola. Berbeda dengan Meksiko yang tampil disiplin dengan mengandalkan kolektifitas tim. Duet striker Giovanni Dos Santos dan Javier ‘Chicharito’ Hernandez kerap merepotkan barisan belakang Brasil, lewat serangan balik cepat.

Petaka bagi Tim Samba datang di menit ke-22. Pablo Barrera mengirim umpan jauh yang diterima dengan baik oleh Dos Santos di sisi kotak penalti. Dengan cerdik, striker milik Tottenham Hotspur ini melepaskan tendangan akurat yang tak kuasa dibendung kiper Brasil, Rafael.

Tertinggal satu gol, Brasil bukannya memberikan respon positif, mereka justru bermain semakin buruk. Alhasil, pada menit ke-33, Meksiko berhasil menggandakan keunggulan lewat eksekusi penalti Chicharito. Hadiah penalti diberikan wasit menyusul aksi Juan yang menjatuhkan Dos Santos di kotak terlarang. Skor 2-0 untuk Meksiko bertahan hingga turun minum.

Selepas rehat, Brasil coba merespon dengan meningkatkan tempo permainan. Menezes juga melakukan beberapa perubahan, salah satunya memasukkan striker AC Milan, Alexandre Pato guna menambah daya dobrak. Hulk sempat menciptakan peluang emas di pertengahan babak kedua. Sayang, eksekusi tendangan bebasnya masih bisa diamankan kiper Jose Corona. Hasilnya, hingga wasit meniup peluit panjang, skor 2-0 untuk keunggulan Meksiko tidak berubah.

Kekalahan ini sontak memutus rentetan delapan kemenangan beruntun yang sebelumnya dipetik Brasil. Ini merupakan kekalahan pertama Brasil sejak terakhir kali dibekuk Jerman 2-3 pada laga persahabatan, Agsutus 2011 lalu. Kekalahan ini sekaligus menjadi sinyal bahaya bagi Brasil yang tengah bersiap tampil di Olimpiade 2012, London. Selain itu, Brasil juga akan jadi tuan rumah perhelatan akbar Piala Dunia 2014.

Susunan Pemain

Brasil: Rafael, Thiago Silva, Bruno Uvini, Marcelo, Danilo, Juan, Oscar, Sandro/Lucas Moura (61’), Romulo, Hulk, Neymar, Leandro Damiao/Pato (61’)

Meksiko: J. Corona, F. Rodríguez, C. Salcido, J. Torres, H. Moreno, S. Meza, A. Guardado, P. Barrera, J. Zavala, G. Dos Santos, J. Hernández

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini