Teater Bundesliga Jelang Tutup Buku

Randy Wirayudha, Jurnalis · Jum'at 04 Mei 2012 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 04 48 623914 pNZz6pl5IM.jpg Borussia Dortmund mempertahankan gelar Bundesmeister musim ini (Foto: Getty Images)

JAKARTA – Tak seperti Serie A Italia atau Premier League, Bundesliga sudah mencatatkan nama Borussia Dortmund sebagai Bundesmeister sebelum musim ini tutup buku. Bahkan Dortmund mendului Real Madrid di sirkus La Liga untuk mengemas gelar lebih awal.

 

Dalam persaingan di papan teratas, Bayern Munich boleh saja berbangga atas prestise di panggung Eropa. Tapi di kompetisi domestik sendiri, Bayern malah tak bisa kembali unjuk dominasi di beberapa musim belakangan. Dortmund tampil sebagai pematah kebesaran nama FC Hollywood usai sukses mempertahankan gelarnya musim ini.

 

Persaingan keduanya bisa dikatakan telah usai setelah Die Roten pulang dari partai besar dengan Die Schwarzgelben di Westfalenstadion. Bayern punya kans menjatuhkan singgasana Dortmund apabila mampu merampok poin sempurna di depan publik lembah Ruhr. Tapi nahas, Bayern harus menelan kekalahan dan akhirnya gagal melucuti gelar Dortmund.

 

Berpaling ke arena saling sikut demi tiket Eropa, kepastian pemilik masing-masing spot Eropa sudah dianggap rampung. Schalke 04 sudah bisa berlega hati karena selembar tiket putaran final sudah berhasil dipesan lebih dulu. Sementara tiket kualifikasi jatuh kepada Borussia Mönchengledbach.

 

Karcis Europa League juga sudah terang siapa-siapa saja pemiliknya. Setelah sikut sana-sini meraup poin demi poin, Bayer Leverkusen ‘kebagian’ satu karcis Europa League dengan ditemani VfB Stuttgart.

 

Satu-satunya persaingan yang bisa dianggap masih seru, terdapan di klasemen juru kunci. Kaiserslautern sudah pasti terjun ke Bundesliga 2 musim depan. Tapi soal siapa yang wajib menemani K’lautern masih abu-abu. FC Köln dan Hertha Berlin masih harus saling berdoa agar masing-masing tergelincir di laga paripurna, Spieltag ke-34.

 

Saat ini, Köln masih bertempat di urutan ke-16, spot laga play off melawan posisi ketiga dari kasta kedua. Tapi kans Köln terbilang kecil, pasalnya di partai pamungkas mereka harus menghadapi Bayern. Sementara Hertha harus meladeni TSG Hoffenheim.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini