Lugano Ungkap Kunci Sukses Uruguay

Muhayati Faridatun, Jurnalis · Selasa 26 Juli 2011 02:22 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 26 51 484205 Q9v1NjoLA8.jpg Diego Lugano / Foto: Daylife

BUENOS AIRES - Timnas Uruguay menasbihkan diri menjadi juara Copa America 2011. Kapten tim Diego Lugano tak segan mengungkapkan kunci kesuksesan tim besutan Oscar Tabarez.

Senin (25/7/2011) dini hari WIB, Uruguay membungkam Paraguay 3-0 di partai final Copa America yang tahun ini berlangsung di Argentina. Gol pertama diciptakan Luis Suarez di menit 12, kemudian dua gol lainnya dibukukan Diego Forlan di menit 42 dan 90.

Langkah Uruguay terbilang mulus, di mana keluar sebagai runner-up Grup C dengan raihan 5 poin, hasil dari satu kemenangan dan dua kali bermain imbang. Di babak perempatfinal, Suarez dkk menyingkirkan tuan rumah Argentina melalui adu penalti, 6-5 (1-1).

Sedangkan di babak semifinal, Uruguay membungkam Peru 2-0 untuk mengamankan satu tiket final. Lantas di partai puncak, semifinalis Piala Dunia 2010 ini meraih kemenangan sempurna tanpa kebobolan. Lugano pun tak segan berbagi rahasia kesuksesan timnya sepanjang kompetisi bergengsi negara-negara Amerika Latin tersebut.

“Kami telah bekerja keras dan bermimpi, di mana ini akan terwujud demi membuat orang-orang bahagia, dan Uruguay membuktikan bahwa mereka adalah tim terbaik ini Amerika Selatan,” ujar sang kapten tim. “Kuncinya adalah kesatuan dalam tim,” ungkapnya.

“Hasil ini merupakan kerja keras selama bertahun-tahun. Kami bangga telah memenangkan sesuatu yang besar. Tidak sekarang, tapi beberapa tahun lagi kami akan menyadari apa yang telah kami lakukan,” tandas bek tengah milik Fenerbahce, dikutip dari FIFA.com, Selasa (26/7/2011).

(far)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini