nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Malam Indah Shakhtar

Rejdo Prahananda, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2011 05:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 03 09 261 432841 Yee9SY3k8N.jpg Foto: Willian dan Drijo Srna meluapkan emosinya setalah mengantarkan Shaktar Donestk lolos ke babak perempat final Liga Champions (Reuters Pictures)

DONESTK -- Shakhtar Donetsk kembali menyiratkan pesan bahwa mereka bukan tim anak bawang. Dengan penuh percaya diri, utusan Ukraina itu melenggang ke babak perempat final usai menundukkan Roma di leg kedua babak 16 besar Liga Champions dengan skor 3-0 (agregat 6-2)

Mircea Lucescu yang terus menjaga mimpi membawa timnya merengkuh sukses  di Liga Champions menginstruksikan anak asuhnya untuk tampil menyerang sejak kick-off babak pertama dimulai.

Tusukan dari pemain sektor sayap Shakhtar, menghiasi pertandingan di awal babak pertama. Di pertandingan ini, terlihat jelas kolektivitas permainan Shakhtar sangat efektif untuk membongkar pertahanan Roma.

Tidak perlu menunggu lama buat Shakhtar untuk memimpin pertandingan lebih dulu.  Mobilitas Gelandang Shakhtar, Willian yang menyusur sektor kiri lapangan coba melepaskan tembakan spekulasi yang mengarah diagonal.

Hasilnya di luar dugaan, Thomas Hubschman yang berdiri bebas tidak terkawal di kotak penalti langsung meneruskan laju bola dengan tumitnya. Kiper Roma, Doni pun terkecoh. 1-0, Shakhtar memimpin.

Donbass Arena tempat berlangsung laga kian bergemuruh. Namun, publik Shakhtar sempat dibuat menahan napas setelah Mirko Vucinic dijatuhkan di kotak terlarang.

Marco Borriello yang maju ke titik putih langsung mengarahkan bola. Kiper Shakhtar, Andriy Pyatov pun tidak tinggal diam, ia bisa membaca dengan cepat laju bola tendangan Borriello. Mantan pemain AC Milan itu pun hanya bisa tertunduk lesu mengetahui dirinya gagal memanfaatkan peluang emas dari tendangan 12 pas.

Celakanya, kegagalan Borriello tersebut, jelas berdampak buruk bagi mental bertanding I Giallorossi. Tim delegasi Italia itu memperlihatkan permainan yang menjurus kasar.

Terbukti di penghujung babak pertama bek Roma, Philippe Mexes harus diusir wasit karena menerima dua kartu kuning.Belum lagi tindakan kasar Danielle de Rossi yang menyikut wajah Darijo Srna di penghujung paruh pertama. Mujur bagi De Rossi, insiden ini luput dari perhatian oleh wasit Howard Webb.

Di babak kedua, Shakhtar semakin kian menggila. Willian yang tampil bersemangat di malam di malam itu kian membuktikan diri sebagai pahlawan Shakhtar. Tendangan jarak jauhnya memanfaatkan sepak pojok mengoyak jala Doni. Shakhtar kian memperlebar kedudukan menjadi 2-0.

Tidak banyak daya yang dilakukan Roma untuk memecah kebuntuan. Tim yang sementara waktu diasuh Vincenzo Montella itu menemui jalan buntu. Tampil tertekan konsentrasi pemain bertahan Roma pun mulai buyar. Aleandro Rossi yang melakukan blunder di lini pertahanan dimanfaatkan dengan baik oleh Eduardo da Silva untuk membobol gawang Doni jelang bubaran.

Mustahil mengejar tiga gol, Shakhtar akhirnya memastikan diri lolos ke babak perempat final Liga Champions musim ini. Sungguh, malam yang indah buat Shakhtar.

SUSUNAN PEMAIN

SHAKTAR DONESTK: Andriy Pyatov, Yaroslav Rakitskiy, Dmytro Chigrynskiy, Razvan Dinca Rat, Darijo Srna, Henrik Mkhitaryan (Alex Teixeira 67), Tomás Hubschman, Willian, Douglas Costa (Eduardo 60), Luiz Adriano (Marcelo Moreno 75), Jadso

AS ROMA: Doni, Philippe Mexes, Juan, John Arne Riise, Nicolás Burdisso, David Pizarro, Daniele De Rossi, Mirko Vucinic (Matteo Brighi 66), Rodrigo Taddei (Aleandro Rosi 46), Marco Borriello, Simone Perrotta (Gianluca Caprari 85)

(edo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini