Drama Injury Time, CR7 Menangkan Madrid

Rabu, 19 September 2012 - 03:41 wib | Achmad Firdaus - Okezone

Selebrasi CR7 usai mencetak gol kemenangan Madrid (Foto: Reuters) Selebrasi CR7 usai mencetak gol kemenangan Madrid (Foto: Reuters) MADRID - Laga antara Real Madrid kontra Manchester City di matchday perdana penyisihan Grup D Liga Champions 2012-2013, benar-benar berlangsung menegangkan. Cristiano Ronaldo akhirnya tampil sebagai pahlawan Madrid usai mencetak gol penentu kemenangan di masa injury time. Madrid menang 3-2.

Bermain di Santiago Bernabeu, Rabu (19/9/2012) dini hari WIB, Jose Mourinho melakukan serangkaian perubahan. Salah satunya menyimpan Sergio Ramos di bangku cadangan dan lebih memilih memainkan Raphael Varane berduet dengan Pepe di jantung pertahanan. Di lini tengah, Mou juga menyimpan Mesut Ozil dan Luka Modric, untuk memberikan kesempatan kepada Michael Essien sebagai starter.

Di lain kubu, pelatih Roberto Mancini juga melakukan perubahan. Di lini belakang, Mancio memberikan kepercayaan kepada bek anyarnya Matija Nastasic untuk berduet dengan Vincent Kompany. Sementara di lini depan, Carlos Tevez tampil sebagai striker tunggal. Sergio Aguero dan Mario Balotelli yang kabarnya telah pulih dari cedera, tetap disimpan di bench.

Madrid langsung memainkan pola ofensif. Cristiano Ronaldo langsung membuka peluang saat laga berjalan delapan menit. Aksinya dalam melewati kapten City, Vincent Kompany diakhiri dengan sebuah tendangan keras namun sayangnya masih bisa digagalkan Joe Hart.
Empat menit berselang, Ronaldo lagi-lagi punya peluang. Kali ini usai memanfaatkan umpan Angel Di Maria. Namun, Hart lagi-lagi tampil prima dalam memblok bola.

Di babak pertama ini, Madrid terlihat tampil cukup dominan dengan melepaskan 16 tembakan, empat diantaranya mengarah ke gawang. City sendiri hanya punya satu shoot, itupun tidak mengarah ke gawang. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Memasuki interval kedua, Madrid masih terus mendominasi laga. Sementara City tetap dengan mengandalkan serangan balik cepat. Di menit ke-66, Madrid membuka peluang lewat tendangan keras Marcelo dari luar kotak penalti. Sayang, bola mengarah tipis di sisi gawang Hart.

Terus menekan, fokus lini belakang Madrid mulai goyah. Publik Bernabeu pun terhenyak setelah melihat gawang Iker Casillas kebobolan pada menit ke-69. Berawal dari serangan balik cepat, Yaya Toure mengirim umpan cantik ke arah Edin Dzeko. Striker yang baru masuk sekira lima menit -menggantikan David Silva- ini kemudian melepaskan sepakan kaki kiri yang tak kuasa dibendung Casillas.

Dua menit berselang, City kembali punya peluang menambah keunggulan, lewat tendangan keras Alexandar Kolarov. Namun, kali ini Casillas mampu menggagalkannya.

Tertinggal 0-1, Mourinho langsung merespon dengan melakukan dua pergantian sekaligus. Karim Benzema dan Luka Modric dimasukkan demi menambah daya dobrak.

Perubahan ini cukup sukses membuat Madrid tampil lebih variatif. Puncaknya terjadi pada menit ke-76. El Real sukses menyamakan kedudukan lewat tendangan Marcelo yang sempat membentur salah satu pemain City. Skor 1-1 membuat pertandingan kian menarik. Kedua tim sama-sama menampilkan permainan terbuka dan silih berganti melakukan serangan.

Madrid kembali harus tertinggal pada menit ke-85, setelah tendangan bebas Kolarov salah diantisipasi oleh Xabi Alonso sehingga membobol gawang sendiri. Namun, keunggulan 2-1 City tidak bertahan lama. Pasalnya, dua menit berselang Madrid sukses menyamakan kedudukan lewat tendangan terarah Karim Benzema yang menerima umpan Angel Di Maria.

Madrid yang tak ingin gagal meraup poin di kandang, langsung menekan pertahanan City di sisa tiga menit laga. Pada menit ke-88, kolaborasi Benzema dan Ronaldo memaksa Hart melakukan penyelamatan gemilang.

Ronaldo akhirnya benar-benar jadi pahlawan buat Madrid, setelah mencetak gol kemenangan pada menit ke-90. Tendangannya usai mengecoh Zabaleta, memaksa Hart memungut bola dari gawangnya. Publik Bernabeu pun akhirnya berpesta menyambut kemenangan 3-2 Los Blancos.

Dengan kemenangan ini, Madrid untuk sementara memimpin klasemen Grup A bersama dengan Borussia Dortmund yang pada saat bersamaan menang 1-0 atas Ajax Amsterdam. Kedua tim sama-sama meraih tiga poin.

Susunan Pemain:
REAL MADRID:
Casillas; Arbeloa, Pepe, Varane, Marcelo; Alonso, Khedira/Luka Modric (73’); Di Maria, Essien/Ozil (65’), Ronaldo; Higuain/Benzema (73’)

MANCHESTER CITY:
Hart, Maicon/Zabaleta (74’), Kompany, Clichy, Nastasic, Nasri/Kolarov (36’), Javi Garcia, Barry, Silva/Dzeko (63’), Yaya Toure, Tevez. (acf)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »