Dibantai Madrid, Ajax Tetap ke Europa League

Hendra Mujiraharja, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2012 04:37 WIB
https: img.okezone.com content 2012 12 05 261 727448 njv3XfvLU8.jpg Ricardo Kaka. (Foto: Reuters)

MADRID – Ajax Amsterdam benar-benar tak berdaya di kandang Real Madrid. De Godenzonen (julukan Ajax) takluk skor 4-1 pada Matchday 6 Liga Champions. Meski kalah, Ajax tetap merebut tiket ke Europa League.

Bertanding di Santiago Bernabeu, Rabu (5/12/2012) dini hari WIB, Jose Mourinho melakukan sejumlah perubahan dengan menurunkan sejumlah pemain lapis kedua seperti Antonio Adan untuk kiper, bek Ricardo Carvalho, Nacho, Kaka dan Luca Modric.

Sementara Ajax, menurunkan Derk Boerrigter, Danny Hoesen, Victor Vischer dan Christian Eriksen untuk menggedor pertahanan Madrid. Ajax sedang bersaing dengan Manchester City untuk meraih tiket ke Europa League.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Dominasi Madrid sudah terjadi sejak menit awal. Menit ke-11, Fabio Coentrao membuka peluang untuk Los Blancos. Menerima umpan dari Luca Modric, tapi tendangannya masih membentur tiang gawang Kenneth Vermeer.

Dua menit kemudian tim tuan rumah berhasil memimpin. Karim Benzema yang berhasil lepas dari kawalan pemain bertahan Ajax, melepaskan umpan kepada Cristiano Ronaldo. Tanpa kesalahan, winger asal Portugal itu menjebol gawang Vermeer. 1-0 Madrid unggul.

Benzema nyaris memperlebar keunggulan atas Ajax. Penyerang asal Prancis itu lolos dari penjagaan pemain belakang tim lawan dan melepaskan sebuah tendangan keras pada menit ke-17. Beruntung, Vermeer berhasil menepis bola selamat gawang Ajax.

Jose Callejon membayar kepercayaan Mourinho dengan mencetak gol menit 28. Memanfaatkan umpan terobosan dari Modric, sekali kontrol pemain muda asal Spanyol itu mampu menggetarkan gawang Vermeer untuk kedua kalinya. 2-0 Madrid

Babak Kedua

Keperkasaan Madrid berlanjut di babak kedua. Ajax masih tidak mampu menembus pertahanan jawara La Liga itu. Sebaliknya, Ronaldo dkk dengan mudah mengobrak-abrik pertahanan skuad besutan Frank De Boer itu.

Empat menit babak kedua berlangsung, pendukung tuan rumah yang memadati Santiago Bernabeu kembali bersorak. Tendangan keras Kaka dari jarak 25 meter tidak mampu dibendung Vermeer. 3-0 untuk Madrid.

Ajax bukan tanpa peluang di babak kedua. Menerima umpan Blind, Fischer melepaskan sebuah sepakan keras dari kotak penalti pada menit ke-59. Sayang, sepakan kerasnya masih tidak tepat sasaran dari gawang Adan.

De Godenzonen mendapatkan sebuah gol hiburan. Berawal dari kesalahan Adan yang meninju bola yang justru jatuh ke kaki Boerrigter. Tanpa membuang kesempatan, Boerrigter langsung menyepak bola ke gawang yang sudah kosong. Skor berubah 3-1.

Ajax bermain cukup baik dan mampu menekan pertahanan Madrid di babak kedua. Namun, Madrid justru mampu mencetak gol penutup lewat Callejon menit 88. Skor 4-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Meski kalah, Ajax tetap berhasil lolos ke Europa League dengan menempati peringkat ketiga klasemen Grup D. Sebab, pertandingan lainnya Borussia Dortmund berhasil menumbangkan Manchester City 1-0. Sedangkan Madrid tetap berada di posisi kedua.

Susunan Pemain

Real Madrid: Adan; Coentrao (Pepe 23), Varane, Carvalho, Nacho; Khedira, Kaka (Rodriguez 71), Modric, Callejon, Ronaldo, Benzema (Morata 80).

Ajax: Vermeer, Alderweireld, Moisander, Blind, Van Rhijn, Poulsen (Scholne 40), Eriksen, De Jong, Boerrigter, Hoesen (Enoh 78), Fischer (Sana 78).

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini