Share
Ilustrasi: Para pemain Timnas Swiss (Foto: Daylife)

Swiss Beri Jerman Pelajaran Berharga

Sebastianus Epifany

Minggu, 27 Mei 2012 - 01:20 wib

BASEL - Timnas Swiss benar-benar memberi lini belakang Jerman pelajaran berharga menjelang turnamen Euro 2012. Pasalnya Swiss berhasil lima kali membobol gawang Jerman dan meraih kemenangan 5-3 atas negara tetangganya tersebut.

Jerman sebagai tim tamu mengambil inisiatif serangan dan mendapat peluang di menit kedua. Lukas Podolski memberi umpan cantik pada Mesut Ozil yang meneruskannya pada Sami Khedira, namun tendangan Khedira berhasil diblok lini belakang Swiss.

Jerman terus mendominasi selama 20 menit pertandingan, hingga akhirnya pergerakan Tranquillo Barnetta membuat permainan berubah. Menyisir sisi kiri, Barnetta melepas umpan cantik ke Eren Derdiyok tanpa bisa dihalau Per Mertesacker dan Mats Hummels.

Bola langsung dikonversi oleh Derdiyok yang berdiri bebas dan tanpa kesulitan menaklukan kiper Marc Andre ter Segnen di menit 21. Skor pun berubah karena kini Swiss unggul 1-0 dari Jerman.

Lini bertahan Jerman kembali terhenyak dua menit kemudian. Lagi-lagi umpan silang Barnetta gagal dihalau para bek Bayern, membuat Derdiyok yang berdiri bebas kembali mencetak gol, membuat Swiss unggul 2-0 dari Jerman.

Tim tamu tidak menyerah begitu saja dan terus menekan hingga akhirnya di menit 45 bisa memperkecil ketertinggalan. Mats Hummels sukses menanduk umpan tendangan bebas Ozil, dan membobol gawang Swiss membuat babak pertama ditutup dengan skor 2-1.

Memasuki babak kedua Jerman berusaha tampil lebih baik dan menekan tim tuan rumah. Hasilnya, pada menit ke-49 peluang datang melalui sundulan Miroslav Klose, namun bola berhasil ditepis kiper Swiss Diego Benaglio.

Alih-alih menambah gol, Jerman malah kembali kebobolan di menit ke-50, lagi-lagi melalui kerjasama Barnetta-Derdiyok. Umpan dari tendangan bebas Barnetta sukses disundul Derdiyok dan membuat Swiss unggul 3-1 atas Jerman.

Upaya keras Jerman menekan Swiss akhirnya berbuah manis di menit ke-64 setelah tendangan keras dari jarak jauh Andre Schurle gagal dihadang kiper Benaglio. Alhasil Jerman kini berhasil memperkecil ketertinggalan dari Swis dengan skor 3-2.

Tiga menit berselang, Swiss kembali menjauhkan ketertinggalan skor Jerman menjadi 4-2. Gol bermula dari aksi Gokhan Inler yang mengirim umpan lob ke Stephan Lichtsteiner di dalam kotak penalti Jerman dan menanduk bola tanpa bisa dihalau kiper Ter Stegen.

Jerman tidak patah arang. Menit ke 72, kembali Der Panser memperkecil ketertinggalan lewat gol yang dicetak Marco Reus, yang mengkonversi bola liar tepisan kiper Benaglio yang ingin menghalau umpan Julian Draxler. Skor pun kini menjadi 4-3.

Kerja keras Jerman berakhir setelah di menit 77 Swiss berhasil kembali membobol gawang Jerman. Kali ini Admir Mehmedi menjadi aktor setelah mengkonversi umpan Reto Ziegler, sehingga keunggulan Swiss berubah menjadi 5-3 atas Jerman.

Jerman memang mencoba terus menekan di sisa waktu yang ada, namun gagal karena Swiss bermain tanpa kompromi dan solid di lini belakang. Alhasil skor 5-3 untuk kemenangan Swiss atas Jerman berakhir hingga akhir laga.

Susunan Pemain:
Swiss: D. Benaglio, P. Senderos, S. Lichtsteiner, R. Ziegler, S. von Bergen, T. Barnetta (V. Stocker/77’), G. Fernandes (J. Djourou/92’), G. ?nler, G. Xhaka (A. Wiss/89’), E. Derdiyok, A. Mehmedi.

Jerman: M. ter Stegen, P. Mertesacker, B. Howedes (S. Bender/78’), M. Hummels, M. Schmelzer, M. Ozil (M. Reus/46’), S. Khedira (I. Gündogan/46’), M. Gotze (L. Bender/78’), M. Klose (Cacau/78’), L. Podolski (J. Draxler/62’), A. Schurrle.
 
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 6
    2 Huddersfield Town 6
    3 West Bromwich Albion 6
    4 Watford 4
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 3
    2 FC Barcelona 3
    3 Real Sociedad 3
    4 Eibar 3
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 3
    2 AC Milan 3
    3 FC Internazionale Milano 3
    4 Napoli 3
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 3
    2 FC Bayern Munich 3
    3 FC Schalke 04 3
    4 Hertha BSC 3