Share

Apesnya Bek Kontroversial Timnas Thailand Ini, Diboikot Seumur Hidup hingga Ditolak Mentah-Mentah Negaranya Sendiri

Cahyo Yulianto, MNC Portal · Rabu 24 Mei 2023 22:07 WIB
https: img.okezone.com content 2023 05 24 51 2819461 apesnya-bek-kontroversial-timnas-thailand-ini-diboikot-seumur-hidup-hingga-ditolak-mentah-mentah-negaranya-sendiri-GrFZVmCLLk.jpg Jonathan Khemdee bek Timnas Thailand yang kontroversial (Foto: REUTERS)

APESNYA bek kontroversial Timnas Thailand, Jonathan Khemdee yang diboikot seumur hidup hingga ditolak mentah-mentah oleh negaranya sendiri akan diulas pada artikel ini.

Sudah jatuh tertimpa tangga adalah ungkapan yang sesuai untuk menggambarkan Jonathan Khemdee. Ya, bek andalan Timnas Thailand U-22 itu mendapat nasib buruk dalam beberapa waktu terakhir.

Jonathan Khemdee

Hal ini bermula beberapa saat sebelum dirinya bersama skuad Gajah Perang – julukan Timnas Thailand – akan bertanding di final cabang olahraga sepakbola SEA Games 2023 di Kamboja. Pada saat itu Khemdee membuat pernyataan mengejutkan jika dirinya ingin pensiun dari Timnas Thailand.

Berlanjut pada laga final menghadapi Indonesia, Khemdee menjadi salah satu aktor yang mempersulit Indonesia. Bukan hanya dari permainannya, namun aksinya yang kerap memprovokasi wasit juga beberapa kali membuat Indonesia mengalami kerugian.

Nahasnya, segala aksi Jonathan Khemdee seperti sia-sia. Pasalnya, dirinya bersama Timnas Thailand U-22 harus takluk dengan skor 5-2 dari Timnas Indonesia U-22. Bahkan dirinya diusir oleh wasit pada babak tambahan waktu karena sifat kurang kurang terpujinya melanggar pemain Indonesia.

Seusai pertandingan, Khemdee kembali membuat geram. Tidak hanya Indonesia, Khemdee memancing amarah warga Kamboja. Hal ini karena aksi tidak terpujinya di seremonial pengalungan medali.

Khemdee yang waktu itu telah berganti pakaian, secara cepat menerobos barisan dan mengambil boneka maskot SEA Games sebelum diberikan. Tidak berhenti sampai di situ, pemain berusia 21 tahun itu bahkan melempar medali perak dan boneka miliknya ke arah penonton.

Jonathan Khemdee kemudian memberikan klarifikasi atas aksi kontroversinya tersebut. Dirinya berdalih bahwa aksi lempar medalinya itu adalah bentuk terima kasihnya pada suporter Thailand yang setia mendukung.

Follow Berita Okezone di Google News

“Halo semuanya. Saya memberikan medali perak dan boneka kepada para penggemar karena saya ingin berterima kasih kepada para penggemar yang datang untuk mendukung saya seperti di SEA Games lalu. Dan saya tidak berniat untuk tidak menghormati kompetisi dan medali yang telah saya menangkan. Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang selalu mendukung saya” tulis Jonathan Khemdee di akun Instagram pribadinya.

Jonathan Khemdee

Meski begitu, nasi telah menjadi bubur. Perbuatan Khemdee yang telah memancing amarah seluruh rakyat Kamboja pun mendapat balasan yang setimpal.

Pemain keturunan Thailand-Denmark itu diketahui dihukum larangan bermain seumur hidup di SEA Games. Tidak hanya itu, dirinya juga ditolak untuk kembali bergabung dengan timnas Thailand.

Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat Khemdee merupakan sosok pemain yang sangat berpotensi untuk Timnas Thailand di masa mendatang. Namun, bagaimanapun juga, keputusan sudah diambil dengan penuh pertimbangan. Dan dalam dunia olahraga seperti sepakbola, attitude jauh lebih penting dibandingkan dengan skill.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini