Share

Penyebab Shin Tae-yong Batal Tangani Thailand dan Pilih Latih Timnas Indonesia

Hakiki Tertiari , Okezone · Selasa 24 Januari 2023 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 51 2752134 penyebab-shin-tae-yong-batal-tangani-thailand-dan-pilih-latih-timnas-indonesia-vIfaOovjPD.jpg Penyebab Shin Tae-yong batal tangani Thailand dan pilih latih Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

PENYEBAB Shin Tae-yong batal tangani Thailand dan pilih latih Timnas Indonesia menarik untuk diulas. Jauh sebelum berlabuh ke Timnas Indonesia, ternyata Shin Tae-yong dulu hampir tangani Timnas Thailand.

Hal itu terjadi pada pertengahan 2019 silam. Ketika itu, Shin Tae-yong jadi opsi Federasi Sepakbola Thailand (FA Thailand) untuk mengisi kursi kepelatihan Gajah Perang (julukan Timnas Thailand) yang sedang kosong.

 Shin Tae-yong

Sekadar informasi, ketika itu kursi kepelatihan Timnas Thailand kosong usai Milovan Rajevac dipecat oleh FA Thailand. Pihak federasi pun memasukkan Shin Tae-yong sebagai opsi pengganti pelatih asal Serbia itu.

Akan tetapi, Shin Tae-yong bukan satu-satunya nama yang menjadi opsi pengganti Milovan Rajevac. Pasalnya saat itu ada nama pelatih asal Jepang, Akira Nishino.

Singkat kisah, FA Thailand pun menjatuhkan pilihannya kepada Akira Nishino. Alhasil, Shin Tae-yong gagal bergabung dengan Timnas Thailand.

BACA JUGA:Kisah Jose Mourinho yang Pernah Sindir Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Pusing Berat Ubah Semuanya

Kendati demikian, Shin Tae-yong tak kecewa, meski gagal gabung Thailand. Dirinya justru mendalami perkembangan sepakbola di Asia Tenggara.

Dalam perjalanannya, Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) pun tengah mencari pelatih baru. Kemudian, PSSI pun coba mendekati Shin Tae-yong jelang akhir tahun 2019.

Melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI saat itu, Ratu Tisha, Shin Tae-yong bersedia bergabung dengan Timnas Indonesia. Ia tertarik dengan perkembangan Timnas Indonesia. 

Follow Berita Okezone di Google News

Ia sebetulnya sadar, kualitas Timnas Indonesia sangat jauh ketimbang Timnas Korea Selatan. Hanya saja, Shin Tae-yong ingin membantu Timnas Indonesia lebih baik di masa mendatang.

Shin Tae-yong

“Awalnya saya tertarik menjadi pelatih Thailand dan hampir menandatangani kontrak, tapi batal. Namun, sejak itu saya mulai memantau perkembangan sepakbola Asia Tenggara,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari media Korea Selatan, News1.

“Di sisi lain, saya pun tertarik mengetahui sejauh mana saya bisa meningkatkan tim (Timnas Indonesia) yang levelnya di bawah Timnas Korea Selatan,” timpal Shin Tae-yong ketika itu.

Sejak 29 Desember 2019, Shin Tae-yong pun resmi diperkenalkan ke publik sebagai pelatih baru Timnas Indonesia. Dalam perjalanannya, Timnas Indonesia mampu memperlihatkan perkembangannya.

Bahkan terbaru, Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Torehan itu sangat positif usai kali terakhir Timnas Indonesia mentas di turnamen bergengsi level Asia tersebut pada 2007.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini