Share

Saat Jose Mourinho dan Shin Tae-yong Sama-Sama Satu Pemikiran tentang Timnas Indonesia

Djanti Virantika, Okezone · Senin 23 Januari 2023 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 51 2751542 saat-jose-mourinho-dan-shin-tae-yong-sama-sama-satu-pemikiran-tentang-timnas-indonesia-2672CoXwp1.jpg Saat Jose Mourinho dan Shin Tae-yong sama-sama satu pemikiran tentang Timnas Indonesia. (Foto: Reuters)

MOMEN Jose Mourinho dan Shin Tae-yong sama-sama satu pemikiran tentang Timnas Indonesia menarik diulas. Sebab, pandangan dua pelatih kenamaan ini bisa senada kala membahas soal Timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, pelatih top dunia, Jose Mourinho, pernah menyoroti khusus soal Timnas Indonesia. Hal itu dilakukan eks pelatih Real Madrid hingga Manchester United itu kala menyambangi Tanah Air pada 2013.

Jose Mourinho

Tepatnya pada 25 Juli 2013, Mourinho datang ke Indonesia untuk mendampingi timnya yang ditangani saat itu, Chelsea, melakoni laga uji coba. Pertemuan Chelsea melawan Indonesia All Stars di Stadion Utama Gelora Bung Karno pun berbuah manis. Chelsea menang telak 8-1.

Kala itu, Mourinho menyoroti soal kekuatan Timnas Indonesia. Secara tegas, pelatih berjuluk The Special One itu menyebut bahwa Timnas Indonesia tidak memiliki potensi yang spesial.

โ€œAndai (pemain) Indonesia tak memiliki potensi yang spesial, bermainlah dengan penuh semangat dan kebanggaan,โ€ kata Jose Mourinho kelar laga Chelsea vs Indonesia All Stars pada Kamis, 25 Juli 2013.

Dalam kesempatan itu, Mourinho juga menyoroti semangat juang Timnas Indonesia. Dia memberi saran kepada Skuad Garuda agar bisa lebih berkembang.

BACA JUGA: 2 Alasan Mulia Shin Tae-yong Bakal Terus Tangani Timnas Indonesia

"Saya pikir timnas Anda harus bermain dengan semangat tinggi. Itu adalah cara yang terbaik untuk membuat timnas Anda lebih baik,โ€ ujar Mourinho, dikutip dari laman resmi PSSI.

BACA JUGA: 5 Negara yang Pandang Timnas Indonesia Sebelah Mata Jelang Piala Asia 2023, Nomor 1 Tim Asia Tenggara!

"Jika Anda sudah memiliki itu, maka Anda akan lebih kuat dari kemampuan sebenarnya. Bahkan, jika tak punya potensi yang bagus karena lawan Anda kuat," sambungnya.

Hal yang diungkap Jose Mourinho soal Timnas Indonesia, ternyata juga sama seperti yang disoroti pelatih Skuad Garuda saat ini, Shin Tae-yong. Dia juga pernah menyoroti semangat juang Timnas Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

Hal ini disampaikan Shin Tae-yong saat melakukan wawancara eksklusif dengan media Vietnam. Dia menyoroti penampilan Skuad Garuda sejauh ini.

โ€œFakta bahwa pemain (Indonesia) tidak memiliki keinginan dan tekad untuk bertarung sampai rela berkorban seperti pemain Vietnam,โ€ ujar Shin Tae-yong, dikutip Senin (23/1/2023).

Shin Tae-yong

Meski begitu, Shin Tae-yong masih terus berjuang membawa Skuad Garuda mencapai kesuksesan. Sebab, hingga kini, dia masih akan terus menangani Timnas Indonesia.

"Karena ada sesuatu dalam diriku mendorong saya ke Indonesia. Saya tahu, ini bukan tantangan sederhana tapi saya suka menantang diri sendiri, dan saya percaya mampu melakukan sesuatu untuk mencapai kesuksesan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini