Share

5 Klub Sepakbola di Dunia yang Hanya Rekrut Pemain Lokal, Nomor 1 Sarang Juara Piala Dunia!

Reinaldy Darius, Okezone · Senin 23 Januari 2023 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 51 2751503 5-klub-sepakbola-di-dunia-yang-hanya-rekrut-pemain-lokal-nomor-1-sarang-juara-piala-dunia-2DXHNupekT.jpg Athletic Bilbao hanya akan rekrut pemain keturunan Basque (Foto: Twitter/Athletic_en)

SEBANYAK 5 klub sepakbola di dunia yang hanya rekrut pemain lokal. Salah satunya adalah klub yang pemainnya kerap memenangkan trofi Piala Dunia.

Sebuah klub sepakbola boleh membangun tim berdasarkan para pemain terbaik di seluruh dunia. Namun, ada beberapa klub yang benar-benar sangat ketat dalam kebijakan transfernya karena alasan idealisme.

Bagi mereka, mempromosikan bakat lokal adalah yang paling terpenting. Setidaknya, ada lima klub sepakbola di dunia yang hanya rekrut pemain lokal. Siapa saja mereka? Silakan simak pembahasan kami berikut ini.

Berikut 5 Klub Sepakbola di Dunia yang Hanya Rekrut Pemain Lokal

5. Young Lions (Singapura)

Young Lions

Young Lions merupakan klub khusus yang dikendalikan oleh PSSI-nya Singapura. Pembentukan klub ini memang dimaksudkan untuk membina bakat-bakat muda para pemain asal Singapura sebelum akhirnya bermain untuk Timnas Senior Singapura.

Raihan di setiap musimnya bukanlah hal yang terpenting. Yang terutama adalah membina para bakat muda ini agar terbiasa untuk bermain bersama dan juga mengecap pengalaman berkompetisi.

4. Petaling Jaya City (Malaysia)

Petaling Jaya City

Petaling Jaya City terbilang baru dalam kebijakan ini. Mereka baru memulai kebijakan tersebut pada tahun 2021 lalu.

Petaling Jaya City berkomitmen untuk hanya memakai jasa pemain lokal 100 persen selama berlaga di Liga Super Malaysia. Ini merupakan bentuk kebanggaan mereka terhadap bakat lokal.

Baca Juga: Kesehatan Prima sebagai kunci menyambut tahun kelinci

Follow Berita Okezone di Google News

3. Chivas Guadalajara (Meksiko)

Chivas Guadalajara

Chivas Guadalajara merupakan salah satu klub terbaik di Meksiko. Mereka hanyalah salah satu dari dua tim saja yang tidak pernah terdegradasi dari kasta tertinggi Liga Meksiko.

Chivas Guadalajara memanfaatkan tim yang sepenuhnya adalah orang Meksiko. Dari klub ini, berbagai pemain top dunia dari Meksiko pun muncul, termasuk Carlos Vela yang pernah bela Arsenal dan mantan striker Manchester United, Javier Chicharito Hernandez.

2. Altinordu FK (Turki)

Altinordu FK

Altinordu FK berjanji untuk tidak pernah menggaet pemain dari luar Turki. Mereka menerapkan kebijakan ini demi mempromosikan para pemain akademi.

Jikalau mereka menggaet pemain yang bukan kewarganegaraan Turki, maka pasti mereka memiliki darah keturunan Turki. Klub ini terbukti telah menelurkan beberapa pemain top dunia, termasuk di antaranya adalah Caglar Soyuncu (Leicester City) dan Cengiz Under (Marseille).

1. Athletic Bilbao (Spanyol)

Athletic Bilbao

Athletic Bilbao diketahui memiliki kebijakatan ketat dalam menggaet pemain. Mereka hanya akan merekrut pemain yang memiliki darah Basque, sebuah daerah di Spanyol.

Sebenarnya, ada banyak pemain dari luar Spanyol yang pernah membela Athletic Bilbao seperti Aymeric Laporte dan Inaki Williams. Namun, mereka tetap memiliki darah keturunan Basque sebagai persyaratan membela Athletic Bilbao.

Salah satu klub top Spanyol ini sukses menelurkan banyak juara Piala Dunia. Mereka adalah Fernando Llorente dan Javi Martinez yang ambil bagian dalam skuad Timnas Spanyol 2010 dan Bixente Lizarazu yang juara bersama Timnas Prancis pada 1998.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini