Share

5 Pesepakbola Top yang Ogah Lagi Main di Liga Indonesia, Nomor 1 Gara-Gara Kontroversi

Reinaldy Darius, Okezone · Jum'at 20 Januari 2023 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 20 49 2749834 5-pesepakbola-top-yang-ogah-lagi-main-di-liga-indonesia-nomor-gara-gara-kontroversi-BcWVoJESmW.jpg Sylvano Comvalius merasa kecewa karena Bali United dirugikan dalam perburuan gelar juara pada 2017 (Foto: Twitter/Baliutd)

SEBANYAK 5 pesepakbola top yang ogah main lagi di Liga Indonesia akan dibahas di sini. Salah satu di antaranya disebabkan oleh kontroversi.

Liga Indonesia sering kali diramaikan oleh para pemain asing yang punya reputasi bagus di Eropa. Seperti halnya Michael Essien, Momo Sissoko hingga Marco Motta pernah berkarier di kancah sepakbola tertinggi Indonesia.

Michael Essien

Namun, ada setidaknya lima pesepakbola top yang ogah untuk kembali main di Liga Indonesia. Siapa saja mereka? Silakan simak pembahasan kami berikut ini.

Berikut 5 Pesepakbola Top yang Ogah Lagi Main di Liga Indonesia

5. Boubacar Sanogo

Boubacar Sanogo

Boubacar Sanogo merupakan mantan striker Madura United. Dia secara terang-terangan pernah mengutarakan kekecewaannya karena dipecat hanya tiga bulan setelah bergabung.

Mantan pemain Hamburg SV dan Werder Bremen tersebut dengan blak-blakan menyebut bahwa Indonesia tak memiliki infrastruktur sepakbola yang memadai. Bahkan untuk ruang ganti dan shower saja tidak ada di tempat latihan.

4. Kevin Van Kippersluis

Kevin Van Kippersluis

Kevin Van Kippersluis pernah bermain untuk Persib Bandung mulai Agustus 2019 hingga Januari 2020. Sang striker asal Belanda kesulitan untuk membuktikan kualitasnya lantaran hanya mampu mencetak dua gol dari 15 penampilan.

Dalam pernyataannya setelah kembali ke klub Belanda, Van Kippersluis menerangkan bahwa dia pindah ke Indonesia terlalu cepat. Dia mengaku merindukan sepakbola Belanda dan menurutnya jalan ceritanya di Indonesia akan berbeda jika pindah di pengujung karier.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Carlton Cole

Carlton Cole

Carlton Cole tercatat pernah memperkuat Persib Bandung di pengujung kariernya pada 2017 silam. Namun, mantan striker Chelsea, Aston Villa, dan West Ham ini hanya bertahan selama empat bulan saja.

Setelah hanya tampil lima kali, kontrak Cole diputus karena tidak mampu mencetak gol. Dia pun merasa kecewa kepada pelatih Persib Bandung saat itu, Umuh Muchtar, yang menurutnya tidak memperlakukannya dengan adil.

2. Peter Odemwingie

Peter Odemwingie

Peter Odemwingie berkarier di Indonesia bersama Madura United mulai April 2017. Dia bermain di sana hingga akhir 2018. Secara total, mantan pemain West Brom, Stoke City, dan Lille tersebut mencetak 15 gol dari 23 penampilan di Liga 1.

Di tengah kariernya bersama Madura United, Odemwingie dikabarkan pernah mengeluhkan kerasnya permainan sepakbola di Indonesia karena sering menghadapi tekel-tekel berbahaya. Indra Kahfi adalah salah satunya hingga bek Bhayangkara FC tersebut menyampaikan permintaan maafnya di Instagram kepada Odemwingie.

1. Sylvano Comvalius

Sylvano Comvalius

Sylvano Comvalius sebenarnya bisa beradaptasi dengan baik. Dia tercatat sukses mengukir 42 gol dari 63 pertandingan di Liga 1, dengan 37 di antaranya untuk Bali United.

Namun pemain yang juga pernah membela Arema FC dan Persipura Jayapura ini mengaku kecewa ketika Bali United dirugikan kala gagal juara pada 2017. Pada saat itu, Bhayangkara FC dinobatkan sebagai juara setelah menang WO yang kontroversial atas Mitra Kukar meskipun laga sebenarnya berakhir imbang 1-1.

Imbas dari situasi ini, Bhayangkara FC punya poin yang setara dengan Bali United. Pada akhirnya, Bhayangkara FC dinobatkan sebagai juara karena unggul head-to-head dan Comvalius pun merasa kecewa hingga menyebutnya sebagai sirkus.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini