Share

5 Kunci Sukses Barcelona Menang 3-1 atas Real Madrid di Piala Super Spanyol 2023, Nomor 1 Peran Xavi Hernandez!

Dimas Khaidar, Okezone · Senin 16 Januari 2023 06:11 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 16 46 2746857 5-kunci-sukses-barcelona-menang-3-1-atas-real-madrid-di-piala-super-spanyol-2023-nomor-1-peran-xavi-hernandez-FzvZRnb98t.JPG Berikut 5 kunci sukses Barcelona kalahkan Real Madrid 3-1 (Foto: Reuters)

SEBANYAK 5 kunci sukses Barcelona menang 3-1 atas Real Madrid di Piala Super Spanyol 2023 akan diulas Okezone. Blaugrana -julukan Barcelona- memastikan diri sebagai juara setelah mengalahkan sang rival abadi di partai final.

Laga tersebut berlangsung di King Fahd Stadium, Arab Saudi pada Senin (16/1/2023) dini hari WIB. Tiga gol kemenangan Barcelona dicetak lewat Gavi (33’), Robert Lewandowski (45’), dan Pedri (69’), sementara satu gol Real Madrid lahir melalui Karim Benzema (90+3’).

Terdapat lima kunci sukses Barcelona meraih kemenangan atas Real Madrid di Piala Super Spanyol 2023. Apa sajakah itu?

Berikut 5 Kunci Sukses Barcelona Menang 3-1 atas Real Madrid di Piala Super Spanyol 2023

5. Barcelona Dominan

Real Madrid vs Barcelona

Dalam laga tersebut, Barcelona seakan-akan tampil superior sejak menit awal jalannya pertandingan. Gavi dan kolega mampu memberikan tekanan yang membuat Real Madrid sulit menjalankan skema bermainnya.

Tercatat, Barcelona memiliki penguasaan bola 54% dalam pertandingan tersebut. Sementara itu, Real Madrid yang diunggulkan untuk meraih gelar juara justru hanya mencatat 46% penguasaan bola.

4. Tembok Bertahan Barcelona

Jules Kounde

Selain sukses dalam hal penguasaan bola, Blaugrana juga memiliki tembok bertahan yang terbilang kukuh pada pertandingan tersebut. Jules Kounde dan kawan-kawan yang mengawal lini belakang Barcelona berhasil menghentikan serangan-serangan berbahaya dari Real Madrid.

Total, Real Madrid mengemas 12 tembakan yang mana 6 di antaranya mampu mengarah ke gawang. Namun, dari 12 tembakan tersebut hanya satu gol yang tercipta untuk kubu Los Blancos -julukan Real Madrid.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Peran Gavi

Gavi

Gavi memiliki peran yang luar biasa dalam kunci sukses Barcelona meraih gelar juara Piala Super Spanyol 2023. Bagaimana tidak, pemain berusia 18 tahun itu tidak hanya mencetak gol namun juga mencetak assist!

Ya, dua gol Barcelona yang dicetak Robert Lewandowski dan Pedri lahir lewat assist Gavi. Kejeniusan dalam mengolah bola dan memberikan umpan menjadi senjata andalan Gavi dalam pertandingan tersebut.

2. Semangat Juang Barcelona

Barcelona

Barcelona menunjukkan semangat juang yang tinggi dalam pertandingan kontra Real Madrid. Selain enggan menelan kekalahan dari sang rival abadi, Blaugrana turut ingin meraih gelar perdana mereka selepas kepergian Lionel Messi pada musim panas 2021 lalu.

Sejak ditinggal Lionel Messi, Barcelona seakan-akan sulit meraih trofi dan terseok-seok. Mereka pun ingin mengakhiri hal tersebut dan nyatanya berhasil dengan merengkuh gelar juara Piala Super Spanyol 2023.

1. Taktik Jitu Xavi Hernandez

Xavi Hernandez

Xavi Hernandez memang masih belum memiliki banyak pengalaman sebagai pelatih ketimbang Carlo Ancelotti. Namun, ia berhasil membuktikan jika dirinya juga memiliki kredibilitas sebagai sosok juru taktik.

Terbukti, ia meracik strategi dengan sangat baik dalam laga kontra Real Madrid kali ini. Ia memberikan instruksi kepada para pemainnya untuk tampil agresif sejak menit awal demi membuat Los Blancos kesulitan membangun serangan.

Selain itu, taktik dari Xavi Hernandez itu terbukti jitu. Barcelona berhasil menciptakan sejumlah peluang berbahaya sejak menit awal pertandingan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini