Share

Buntut Insiden Kontroversial Lionel Messi di Piala Dunia 2022, Politisi Meksiko Minta La Pulga Dilarang Masuk ke Negaranya

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Rabu 07 Desember 2022 22:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 51 2722757 buntut-insiden-kontroversial-lionel-messi-di-piala-dunia-2022-politisi-meksiko-minta-la-pulga-dilarang-masuk-ke-negaranya-Dnk1FUGg6U.jpg Lionel Messi kala membela Timnas Argentina di Piala Dunia 2022. (Foto: Reuters)

MEXICO CITY – Insiden kontroversial bintang Timnas Argentina, Lionel Messi, saat berjumpa Meksiko di Piala Dunia 2022 tampaknya berbuntut panjang. Seorang politisi di Meksiko, Maria Clemente Garcia, telah mendesak pemerintah Meksiko agar melarang La Pulga -julukan Lionel Messi- masuk ke negaranya.

Seperti diketahui, La Albiceleste –julukan Timnas Argentina- bersua dengan Meksiko di laga kedua Grup C Piala Dunia 2022. Hasilnya, Argentina menang 2-0 atas Meksiko 2-0 dalam laga yang berlangsung pada Minggu 27 November 2022 dini hari WIB itu.

Lionel Messi

Setelah pertandingan, Messi pun bertukar jersey dengan pemain Meksiko, Andres Guardado. Kemudian, sebuah video viral di media sosial menampilkan La Pulga menaruh jersey Meksiko itu di lantai ruang ganti dan seperti melakukan gesture menendang jersey tersebut.

BACA JUGA: Jelang Timnas Belanda vs Argentina di Perempatfinal Piala Dunia 2022, Frenkie De Jong Minta De Oranje Lakukan Ini

Kejadian itu pun memicu reaksi keras dari masyarakat Meksiko. Salah satunya adalah bintang tinju, Canelo Alvarez, yang mengirim ancaman kepada Messi.

BACA JUGA: Inikah 2 Tanda Lionel Messi Bakal Juara Piala Dunia 2022?

Setelah sepekan lebih berlalu, kejadian itu masih membuat marah Maria Clemente Garcia. Sang politikus melontarkan desakan kepada pemerintah Meksiko agar Messi dilarang masuk ke negaranya karena dianggap kurang menghormati Meksiko.

Follow Berita Okezone di Google News

“Dewan Deputi Kongres Persatuan yang Terhormat dengan hormat mendesak Kementerian Luar Negeri untuk mengeluarkan Deklarasi yang sesuai untuk menyatakan persona nongrata di dalam wilayah Amerika Serikat Meksiko kepada warga negara Argentina dan berkebangsaan Spanyol, Lionel Andres Messi Cuccitini, karena penghinaannya yang nyata dan kurangnya rasa hormat terhadap Meksiko selama Piala Dunia Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) pada Sabtu, 26 November 2022,” kata Garcia, dilansir dari Sport Bible, Rabu (7/12/2022).

Hal itu jelas mengejutkan karena Messi beberapa hari setelah kejadian itu telah memberikan klarifikasi. Pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu menegaskan orang yang mengenalnya tahu bahwa dirinya tak pernah tidak menghormati siapa pun sehingga enggan meminta maaf atas peristiwa itu.

Lionel Messi

Sebelumnya, jagoan Argentina lainnya, Sergio Aguero, juga memberikan pembelaan kepada Messi atas ancaman yang diberikan oleh Canelo. Dia yakin Canelo tak mengerti situasi ruang ganti tim sepakbola karena hal tersebut sebenarnya lazim terjadi.

Canelo pun telah meminta maaf kepada mantan pemain Barcelona itu. Sebab, dia merasa salah menginterpretasikan video yang dilihatnya di media sosial.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini