Share

Kisah Bert Patenaude, sang Legenda asal Amerika Pencetak Hattrick Pertama dalam Sejarah Piala Dunia

Cita Zenitha, MNC Portal · Rabu 07 Desember 2022 22:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 51 2722754 kisah-bert-patenaude-sang-legenda-asal-amerika-pencetak-hattrick-pertama-dalam-sejarah-piala-dunia-DF0odP7AWO.jpg Kisah Bert Patenaude (tengah) sang legenda Amerika pencetak hattrick pertama dalam sejarah Piala Dunia (Foto: Laman resmi Timnas Amerika Serikat)

KISAH Bert Patenaude, sang legenda asal Amerika pencetak hattrick pertama dalam sejarah Piala Dunia menarik diulas. Sejarah yang hilang itu terkuak setelah Bert Patenaude meninggal dunia.

Bert Patenaude sendiri merupakan pemain andalan Timnas Amerika Serikat. Ia lahir di Massachusetts pada 4 November 1909.

Timnas Amerika Serikat 1930

(Bert Patenaude, (bawah tengah) salah satu pesepakbola asal Amerika Serikat)

Diketahui, Bert Patenaude juga jadi pencetak pertama dalam sejarah Piala Dunia. Akan tetapi, cerita itu sempat hilang. Lantas, seperti apa kisah Bert Patenaude, sang legenda asal Amerika pencetak hattrick pertama dalam sejarah Piala Dunia? Berikut ulasannya.

Bert Patenaude menjadi pencetak hattrick pada Piala Dunia 1930 di Uruguay. Ia mengantarkan Amerika Serikat masuk babak selanjutnya setelah merobek gawang Paraguay dengan skor 3-0.

Namun, akibat kendala bahasa, Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) tidak bisa mengidentifikasi hattrick tersebut. FIFA sempat tidak mengakui hattrick itu dan hanya mencatat dua gol dari Bert Patenaude.

Ketika itu, Bert Patenaude berusia 20 tahun. Ia mencetak gol pada menit ke-10, 15, dan 50. Namun, FIFA mencatat gol menit ke-15 itu sebagai milik Tom Florie, bukan Bert Patenaude.

Tapi, baru memasuki abad ke-20, FIFA akhirnya baru mengikuti hattrick dari Bert Patenaude, tepatnya pada tahun 2000. Sayangnya, Bert Patenaude tidak akan pernah melihat pengakuan secara resmi atas prestasinya tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Sebab, dirinya sudah meninggal lama, bahkan sejak 1974 di usia 65 tahun. Sejarah yang hilang itu terkuak ketika rekan satu tim Bert Patenaude bernama Arnie Oliver membeberkan sebuah fakta.

Bert Patenaude

(Bert Patenaude, salah satu pesepakbola Amerika Serikat era 1930-an)

Di tahun 1990, Arnie Oliver melakukan wawancara dengan seorang sejarawan sepakbola Amerika Utara, Colin Jose. Ia disinyalir mengetahui bahwa FIFA memuji Bert Patenaude atas prestasi dua golnya pada Piala Dunia 1930. Namun, Arnie Oliver justru mengatakan sebaliknya. Setelah wawancara, Colin Jose mulai mengumpulkan bukti-bukti pada Piala Dunia 1930.

Colin Jose menemui Wilfrid Cummings sebagai pencatat skor Bert Patenaude pada Piala Dunia 1920. Ia juga pergi ke Universitas Wilfrid Cummings untuk mengambil mikrofon perekam pertandingan saat itu.

Setelah itu, Colin Jose mengirimkan semua bukti penemuannya ke FIFA pada 12 April 1995. Meski pesimis atas laporannya tersebut, akhirnya Colin Jose mendapatkan kabar baik dari FIFA.  FIFA pun meresmikan Bert Patenaude sebagai pencetak hattrick pertama dalam sejarah Piala Dunia, yang dibukukan pada 1930.

Demikian kisah Bert Patenaude, sang legenda asal Amerika pencetak hattrick pertama dalam sejarah Piala Dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini