Share

Penyebab Timnas Amerika Serikat Kalah 1-3 dari Belanda di 16 Besar Piala Dunia 2022

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Minggu 04 Desember 2022 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 04 51 2720223 penyebab-timnas-amerika-serikat-kalah-1-3-dari-belanda-di-16-besar-piala-dunia-2022-RJsPYSdpeq.jpg Laga Timnas Belanda vs Timnas Amerika Serikat di 16 besar Piala Dunia 2022. (Foto: Reuters)

DOHA Timnas Amerika Serikat harus menelan pil pahit kalah dari Belanda di 16 besar Piala Dunia 2022. Penyebab kekalahan Amerika Serikat atas Belanda dengan skor 1-3 ini pun diungkap oleh sang pelatih, Gregg Berhalter.

Bermain di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Sabtu 3 Desember 2022 malam WIB, The Yanks –julukan Timnas AS- memberi tekanan yang luar biasa kepada Belanda di babak pertama.

Timnas Belanda vs Amerika Serikat

Sayangnya, mereka kocolongan dua gol oleh Memphis Depay (10’) dan Daley Blind (45+1). Setelah itu, Christian Pulisic dan kolega mampu memangkas ketertinggalan mereka lewat gol Haji Wright pada menit 76.

Tetapi, lima menit berselang, gol Denzel Dumfries kembali mematahkan harapan mereka untuk menang. Hasil tersebut jelas mengecewakan bagi Negeri Paman Sam.

BACA JUGA: Meski Tembus ke Perempatfinal Piala Dunia 2022, Virgil van Dijk Tak Senang dengan Permainan Timnas Belanda

Pasalnya, Timnas Amerika Serikat unggul dari segi penguasaan bola atas sang lawan dengan total 59 persen. Bahkan, mereka menciptakan 17 peluang sepanjang pertandingan, enam angka lebih banyak dari Virgil Van Dijk dkk.

Oleh karena itu, Berhalter mengungkapkan sulit untuk menerima kenyataan pahit tersebut. Sebab menurutnya, timnya harusnya bisa menang setelah tampil apik di babak pertama, tetapi malah kecolongan dua gol oleh Oranje –julukan Timnas Belanda. Hal itu pun telah jadi penyebab utama kekalahan timnya.

BACA JUGA: Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022 dengan Skuad Paling Muda, Masa Depan Timnas Amerika Serikat Cerah

“Ini adalah hal yang sulit untuk diterima bagi kami. Malam ini kami gagal,” kata Berhalter, dikutip dari Independent, Minggu (4/12/2022).

“Kami berbicara tentang permainan, tentang momen, dan saya pikir babak pertama adalah indikasi yang bagus untuk itu. Kami sangat mendominasi di babak pertama dan dua momen datang dan tiba-tiba kami tertinggal 2-0,” tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Kendati kalah, juru taktik berusia 49 tahun itu tetap bangga dengan pencapaian anak buahnya di Piala Dunia 2022. Walau dari segi target, mereka sebenarnya masih belum bisa memenuhinya, yakni menembus perempatfinal Piala Dunia 2022.

“Secara keseluruhan, saya sangat bangga dengan tim ini atas cara mereka menangani diri mereka sendiri baik di dalam maupun di luar lapangan,” jelas Berhalter.

Timnas Belanda vs Amerika Serikat

“Kami berangkat dengan tujuan untuk menunjukkan kepada seluruh dunia bagaimana kami bisa bermain sepakbola dan saya pikir kami mencapai sebagian itu, meskipun kami gagal mencapai tujuan kami,” jelas pelatih asli AS yang lahir di New Jersey itu.

Dengan begitu, usai sudah perjalanan Timnas Amerika Serikat di Qatar. Sedangkan Belanda, mereka melangkah ke perempatfinal dan akan berjumpa dengan Argentina, yang mengalahkan Australia 2-1 di 16 besar, pada Sabtu 10 Desember 2022 pukul 02.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini