Share

4 Negara Afrika yang Pernah Lolos ke Perempatfinal Piala Dunia, Nomor 1 Maroko!

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Rabu 07 Desember 2022 09:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 51 2722140 4-negara-afrika-yang-pernah-lolos-ke-perempatfinal-piala-dunia-nomor-1-maroko-KgZWl7PGbo.JPG 5 Negara Afrika yang Pernah Lolos ke Perempatfinal Piala Dunia. (Foto: Reuters)

4 negara Afrika yang pernah lolos ke perempatfinal Piala Dunia 2022 akan dibahas Okezone di artikel ini. Seperti yang diketahui, tak banyak wakil Afrika yang dapat melaju jauh di ajang Piala Dunia.

Pencapaian terbaik para wakil Afrika di turnamen sepakbola empat tahunan tersebut hanyalah berada di babak perempatfinal saja. Jadi, sejauh ini tak pernah ada tim Afrika yang bisa melaju sampai ke semifinal. Lantas penasaran negara Afrika mana saja yang pernah lolos sampai ke babak perempatfinal Piala Dunia?

Berikut 4 Negara Afrika yang Pernah Lolos ke Perempatfinal Piala Dunia:

4. Kamerun (Piala Dunia 1990)

Timnas Kamerun di Piala Dunia 1990

Pada Piala Dunia 1990 yang digelar di Italia, sejarah baru tercipta untuk Afrika. Sebab untuk pertama kalinya, wakil Afrika, yakni Kamerun dapat menembus babak perempatfinal.

Kala itu, Kamerun sukses menembus perempatfinal usai mampu mengalahkan Kolombia dengan skor 2-1 melalui babak tambahan. Sayangnya laju Kamerun terhenti di perempatfinal usai kalah 2-3.

3. Senegal (Piala Dunia 2002)

Senegal vs Prancis

Setelah Kamerun, giliran Senegal wakil Afrika lainnya yang sukses menembus babak perempatfinal Piala Dunia. Senegal melakukannya di Piala Dunia 2002 yang berlangsung di Jepang dan Korea Selatan.

Senegal mampu menembus perempatfinal usai sebelumnya menumbangkan Swedia 2-1 di 16 besar. Pada perempatfinal, Senegal berjumpa Turki dan kalah 1-2 dari Inggris.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Ghana (Piala Dunia 2010)

Ghana vs Uruguay

Pada Piala Dunia 2010 yang dihelat di Afrika Selatan, para wakil Afrika mencoba memberikan hasil yang terbaik. Namun, nyatanya hanya satu tim saja yang dapat lolos ke 16 besar, yakni Ghana.

Hebatnya, Ghana mampu kembali meraih kemenangan di 16 besar usai menang atas Amerika Serikat dengan skor 2-1. Lalu di perempatfinal, Ghana yang nyaris saja menang justru kalah dari Uruguay melalui babak adu penalti.

Setelah sama kuat 1-1 di waktu norma, Ghana kalah 2-4 di babak adu penalti.

1. Maroko (Piala Dunia 2022)

Timnas Maroko

Timnas Maroko menjadi wakil Afrika keempat yang sukses melaju ke perempatfinal Piala Dunia. Maroko melakukannya di Piala Dunia 2022 usai mampu menghajar tim kuat Spanyol di 16 besar.

Maroko mampu menahan Spanyol 0-0 di waktu normal. Babak tambahan pun tak mampu memperlihatkan siapa pemenangnya, sehingga babak adu penalti dimainkan.

Pada babak adu penalti, Spanyol kembali diunggulkan. Namun tak sangka Maroko justru menang dengan skor 3-0. Spanyol sama sekali gagal mencetak gol ke gawang Maroko.

Dengan menyinmgkirkan Spanyol, Maroko berhak melaju ke perempatfinal Piala Dunia 2022. Nantinya mereka akan menantang Portugal untuk bisa menjadi wakil Afrika pertama yang dapat menembus semifinal Piala Dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini