Share

Hasil Perpanjangan Waktu Timnas Jepang vs Kroasia di 16 Besar Piala Dunia 2022: Sengit, Laga Ditentukan Adu Penalti!

Cikal Bintang, MNC Portal · Selasa 06 Desember 2022 00:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 51 2721212 hasil-perpanjangan-waktu-timnas-jepang-vs-kroasia-di-16-besar-piala-dunia-2022-sengit-laga-ditentukan-adu-penalti-OGk4KVmy0k.JPG Jepang dan Kroasia bertarung sengit selama 120 menit (Foto: REUTERS)

HASILย perpanjangan waktu Timnas Jepang vs Kroasia di 16 besar Piala Dunia 2022 akan dibahas di sini. Pertandingan yang digelar di Stadion Al Janoub sejak Senin (5/12/2022) pukul 22.00 WIB tersebut masih imbang 1-1 setelah melalui perpanjangan waktu 2x15 menit.

Daizen Maeda membawa Jepang unggul terlebih dulu melalui golnya pada menit ke-43. Namun, gol Ivan Perisic pada menit ke-55 memaksa laga diteruskan ke babak perpanjangan waktu.

Daizen Maeda

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Kroasia mengawali babak pertama dengan mencoba bermain ofensif. Mereka menerapkan serangan masif, yang dimotori langsung oleh trio lini tengah Luka Modric, Marcelo Brozovic, dan Mateo Kovacic.

Sayangnya, beberapa serangan yang dilancarkan tidak efektif untuk membongkar pertahanan Samurai Biru -julukan Timnas Jepang. Sebaliknya, pasukan Hajime Moriyasu yang bermain dengan pola pressing justru mendapatkan peluang emas lewat tandukkan Shogo Taniguchi.

Namun, bola meluncur tepat di sisi kanan tiang gawang Dominik Livakovic. Kedua tim yang bermain ngotot menampilkan permainan jual beli serangan. Situasi itu terjadi hingga pertandingan memasuki menit ke-20.

Setelah itu, Vatreni -julukan Timnas Kroasia- menurunkan tempo permainan. Kendati begitu, tim besutan Zlatko Dalic itu perlahan membangun serangan yang mengancam pertahanan Samurai Biru. Beruntung, Timnas Jepang mampu mengantisipasinya dengan baik.

Samurai Biru kini bermain dalam tekanan. Terpantau, Daichi Kamada dan kolega hanya bisa menunggu momentum untuk melancarkan serangan balik cepat. Namun demikian, memasuki menit ke-35, Timnas Jepang mampu memegang kontrol permainan.

Permainan umpan pendek yang cukup rapi ditampilkan oleh Samurai Biru di pengujung babak pertama. Akhirnya, mereka mampu unggul lebih dulu lewat sepakan Daizen Maeda (43โ€™). Gol berawal dari umpan panjang, yang kemudian berujung kemelut di depan gawang Livakovic.

Maeda yang berdiri dalam kotak penalti langsung melepaskan tembakan terukur yang tak terbendung penjaga gawang. Pada akhirnya, Timnas Jepang berhasil mengungguli Kroasia di babak pertama dengan skor tipis 1-0.

Babak Kedua

Kedua tim langsung menampilkan permainan jual beli serangan pada awal babak kedua. Timnas Jepang bermain menekan, sementara Kroasia mencari celah untuk membangun serangan efektif. Meski begitu, belum ada gol tambahan hingga menit ke-50.

Vatreni yang sedang tertinggal pun terus menggempur pertahanan Timnas Jepang. Hasilnya manis, Ivan Perisic (55โ€™) mampu membawa Kroasia menyamakan kedudukan lewat sundulan mautnya. Pemain Tottenham Hotspur itu mengonversi umpan matang Dejan Lovren, kedudukan sementara 1-1.

ย BACA JUGA:Lionel Messi Kaget Jerman Disingkirkan Jepang di Fase Grup Piala Dunia 2022

Selepas gol tersebut, Timnas Kroasia menurunkan tempo permainan. Hal ini membuat Jepang leluasa untuk melancarkan serangan masif. Pada menit ke-57, Samurai Biru mendapatkan peluang emas setelah Wataru Endo melepaskan tembakan terukur.

Follow Berita Okezone di Google News

Namun, Livakovic mampu menghalau sepakan keras pemain Stuttgart itu. Tak mau terus digempur, Vatreni juga melancarkan serangan. Kali ini, giliran Suichi Gonda yang harus jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.

ย Timnas Jepang vs Timnas Kroasia

Memasuki menit ke-70, Timnas Kroasia melancarkan serangan masif. Ivan Perisic, Luka Modric, dan Mario Pasalic secara bergantian melepaskan ancaman untuk Gonda. Akan tetapi, mereka masih belum bisa menggandakan keunggulan.

Memasuki menit-menit akhir, kedua tim yang terus mencari gol tambahan tak membuahkan hasil. Pada akhirnya, hasil imbang 1-1 memaksa kedua tim bermain dalam babak tambahan atau perpanjangan waktu.

Babak Tambahan Waktu

Pada babak tambahan waktu pertama, Timnas Kroasia dan Jepang sudah terlihat kelelahan. Namun demikian, Timnas Kroasia yang berhasil menyamakan kedudukan bermain lebih dominan di awal pertandingan.

Sedangkan, Timnas Jepang bermain lebih kalem dan mencari momentum serangan balik. Pola permainan ini efektif untuk Samurai Biru. Pada menit 104โ€™, nyaris saja Kaoru Mitoma mencetak gol lewat tembakannya usai melancarkan serangan balik cepat.

Pada akhirnya, belum ada gol lagi yang tercipta pada babak tambahan waktu pertama. Memasuki babak tambahan waktu kedua, Timnas Kroasia terus menggempur pertahanan Samurai Biru. Marko Livaja yang masuk sebagai tenaga baru kerap menjadi ancaman.

Kendati begitu, Timnas Jepang yang juga bermain baik dalam bertahan akhirnya mampu menahan gempuran Kroasia. Pada akhirnya, tidak ada gol tambahan tercipta. Kedua tim harus melanjutkan pertandingan ke babak adu penalti.

Susunan Pemain Timnas Jepang vs Kroasia

Timnas Jepang vs Timnas Kroasia

Jepang (3-4-3): Suichi Gonda (GK), Takehiro Tomiyasu, Shogo Taniguchi, Junya Ito, Wataru Endo, Hidemasa Morita, Yuto Nagatomo (Kaoru Mitoma 64โ€™), Ritsu Doan (Takumi Minamino 87โ€™), Daizen Maeda (Takuma Asano 64โ€™), Daichi Kamada (Hiroki Sakai 75โ€™).

Cadangan: Eiji Kawashima, Miki Yamane, Gaku Shibasaki, Kaoru Mitoma, Takumi Minamino, Ao Tanaka, Takuma Asano, Hiroki Sakai, Shuto Machino, Ayase Ueda, Daniel Schmidt, Yuki Soma, Hiroki Ito.

Pelatih: Hajime Moriyasu

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic (GK), Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Barisic, Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic, Andrej Kramaric (Mario Pasalic 68โ€™), Bruno Petkovic (Ante Budimir 62โ€™), Ivan Perisic.

Cadangan: Martin Elic, Lovro Majer, Ivo Grbic, Nikola Vlasic, Marko Livaja, Mario Pasalic, Ante Budimir, Mislav Orsic, Domagoj Vida, Ivica Ivusic, Josip Sutalo, Luka Sucic, Kristijan Jakic.

Pelatih: Zlatko Dalic

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini