Share

Exclusive dari Qatar: Tak Ada Ketentuan Khusus, Begini Cara Jadi Volunteer di Piala Dunia

Abdul Haris, MNC Portal · Senin 05 Desember 2022 19:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 51 2721103 exclusive-dari-qatar-tak-ada-ketentuan-khusus-begini-cara-jadi-volunteer-di-piala-dunia-8MKdkshp0S.jpg Volunteer Piala Dunia 2022 dari berbagai negara (Foto: Abdul Haris/MNC Portal Indonesia)

DOHA - Bisa berpartisipasi di Piala Dunia tampaknya merupakan impian bagi banyak orang. Tak perlu sebagai pemain, menjadi sukarelawan pada ajang sepakbola empat tahunan tersebut tampaknya sudah cukup membanggakan.

Pada Piala Dunia 2022, cukup banyak orang yang mengajukan diri menjadi sukarelawan dari berbagai negara. Dari Indonesia sendiri terdapat 15 orang yang terdaftar untuk bertugas di Qatar. Di antara mereka ada yang memang tinggal di Qatar, namun ada juga yang jauh-jauh datang dari Indonesia.

Volunteer asal Indonesia

Seperti dua volunteer asal Indonesia bernama Mita Yulian Sasmita dan Andi Ronaldo atau biasa dipanggil Aldo. Mita berasal dari Depok, Jawa Barat. Sementara Aldo merupakan pemuda Medan yang tinggal di Jakarta. Keduanya jauh-jauh terbang ke Qatar untuk menjadi volunteer Piala Dunia 2022.

Kepada MNC Portal Indonesia, Aldo bercerita bagaimana caranya mereka bisa jadi volunteer Piala Dunia 2022.

“FIFA atau pun tuan rumah akan memberikan pengumuman kapan dibuka registrasi menjadi volunteer Piala Dunia. Kemudian, mereka membuat portal yang mengurusi siapa yang berminat menjadi volunteer,” tutur Aldo, Minggu (4/12/2022).

Pada portal tersebut, setiap pendaftar harus mengisi sejumlah hal meliputi identitas diri serta dokumen-dokumen seperti paspor dan lain sebagainya.

Follow Berita Okezone di Google News

“Dari situ kita akan dapat pengumuman siapa yang mengikuti Game di mana kita harus menjawab sejumlah pertanyaan terkait potensial issue yang akan kita hadapi pada real event,” Aldo menjelaskan.

Volunteer Piala Dunia 2022

Yang pasti, untuk menjadi volunteer ajang internasional seperti Piala Dunia 2022, setiap pendaftar harus menguasai Bahasa Inggris.

“Bahasa Inggris memang salah satu syarat, tapi cukup level intermediate saja,” ujar Mita.

“Tak ada syarat khusus untuk menjadi volunteer, hanya sudah berusia 18 tahun saja. Dan gak ada batasan usia, banyak pensiunan yang jadi volunteer di sini,” kata Mita.

Sebagai volunteer, mereka tak dibayar. Bahkan, tiket pesawat dari Indonesia ke Qatar pun harus ditanggung sendiri. Meski begitu, mereka mendapat fasilitas yang memudahkan tugas mereka dari negara tuan rumah.

Di Qatar, setiap relawan mendapat tempat tinggal, laundry, air minum refill gratis, transportasi juga gratis, dapat sarapan tiap hari, makan saat bekerja, termasuk klinik kesehatan itu semua sudah ditanggung Qatar. Selain itu, setiap volunteer juga mendapat seragam berupa topi, kaos, jaket, celana training, dan tas. Lebih jauh, mereka juga mendapatkan berbagai pernak-pernik Piala Dunia 2022 yang harganya relatif mahal.

“Selain itu, kita juga mendapat pengalaman yang sangat berharga seperti bisa bertemu dengan orang-orang dari seluruh dunia dan bisa saling cerita soal kondisi negara masing-masing,” tutup Aldo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini