Share

Exclusive dari Qatar: Cerita Volunteer asal Indonesia di Piala Dunia 2022, Banyak Dapat Hal Menyenangkan meski Tak Dibayar

Abdul Haris, MNC Portal · Senin 05 Desember 2022 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 51 2721084 exclusive-dari-qatar-cerita-volunteer-asal-indonesia-di-piala-dunia-2022-banyak-dapat-hal-menyenangkan-meski-tak-dibayar-8LHDm6sA1P.jpg Volunteer asal Indonesia di Piala Dunia 2022. (Foto: Abdul Haris/MNC Portal Indonesia)

DOHA Piala Dunia 2022 menyediakan sederet kisah menarik. Salah satunya datang dari volunteer Piala Dunia 2022 yang berasal dari Indonesia. Dia bercerita mendapat banyak hal menyenangkan di Piala Dunia 2022, meski tak dibayar.

Dari Indonesia, terdapat beberapa volunteer yang terlibat dalam Piala Dunia 2022. Dua di antaranya adalah Mita Yulian Sasmita dan Andi Ronaldo atau yang biasa disapa Aldo.

Volunteer asal Indonesia di Piala Dunia 2022. Foto: Abdul Haris/MNC Portal Indonesia

(Volunteer asal Indonesia di Piala Dunia 2022. Foto: Abdul Haris/MNC Portal Indonesia)

“Menjadi bagian dari FIFA itu menjadi impian saya dari Piala Dunia pertama saya tahun 1998. Dari situ, saya sudah ingin terlibat event Piala Dunia,” ujar Mita menceritakan kisahnya kepada MNC Portal Indonesia di Doha, Qatar.

“Dan saya baru mendapat jalannya pada 2016 saat FIFA membuka pendaftaran untuk Piala Konfederasi 2017 dan Piala Dunia 2018,” sambungnya.

“Saya terpilih untuk keduanya. Dan pada Piala Dunia 2022 Qatar saya daftar lagi, karena saya passionnya di situ,” jelas Mita.

BACA JUGA: Exclusive dari Qatar: Pesan Doa dan Dukungan untuk Pele Ditampilkan di Videotron Gedung Doha

Sebagai volunteer, mereka tak dibayar. Bahkan, tiket pesawat dari Indonesia ke Qatar pun harus ditanggung sendiri.

“Karena kita namanya relawan, jadi kita tak dibayar dengan uang tapi diberikan fasilitas yang memudahkan kita dari negara tuan rumah,” tutur Mita.

BACA JUGA: Alasan Kenapa Harry Maguire Bermain Jauh Lebih Baik Bersama Timnas Inggris Dibanding di Manchester United

“Di Qatar, kita dapat tempat tinggal, laundry, air minum refill gratis, transportasi juga gratis, dapat sarapan tiap hari, dan dapat makan saat kita kerja,” sambungnya.

“Jadi, enggak usah mikirin apa-apa, semuanya sudah disediakan. Termasuk klinik kesehatan itu semua sudah ditanggung Qatar. Jadi kita tak perlu khawatir jika sakit,” jelas Mita.

“Kami juga mendapat seragam (topi, kaos, jaket, celana training, dan tas) yang kalau dipakai bangga banget rasanya,” Mita melanjutkan ceritanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, Aldo menimpali, sebagai volunteer mereka juga mendapatkan seragam berbagai pernak-pernik Piala Dunia 2022.

“Saat kami check-in ke stadion tertentu untuk setiap shift, kami mendapatkan sejumlah merchandise yang kalau dibeli di official store itu harganya cukup mahal. Jadi, kami banyak mendapatkan barang-barang dari FIFA dan Qatar sebagai tuan rumah,” ujar Aldo.

Volunteer asal Indonesia di Piala Dunia 2022. Foto: Abdul Haris/MNC Portal Indonesia

(Volunteer asal Indonesia di Piala Dunia 2022. Foto: Abdul Haris/MNC Portal Indonesia)

“Selain itu, kita juga mendapat pengalaman yang sangat berharga seperti bisa bertemu dengan orang-orang dari seluruh dunia dan bisa saling cerita soal kondisi negara masing-masing,” kata Aldo. 

“Saya ditempatkan di role spectator services, jadi saya berkesempatan menyaksikan langsung pertandingan, termasuk momen bersejarah di laga tersebut,” Aldo menambahkan. 

Apa sih suka dan duka menjadi volunteer Piala Dunia 2022? Mita mengisahkan tugasnya ini hampir selalu menyenangkan.

“Karena ini sesuatu yang saya suka, jadi setiap harinya ini sangat menyenangkan,” Mita memaparkan. 

“Sementara dukanya, karena saya di bagian ticketing, kadang sering mengatasi tiket-tiket bermasalah atau fans yang marah karena tidak ada tiket dijual di stadion. Buat saya itu bukan duka, tapi bagian dari pekerjaan sehingga pada akhirnya seru juga dijalaninya,” katanya lagi. 

“Sementara saya karena sebagai spectator services saya menghadapi fans yang karakternya berbeda-beda. Tapi, dari FIFA dan Qatar sudah membantu kami menghadapi sejumlah potensi tantangan itu,” Aldo ikut menambahkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini