Share

Pertama Kali dalam 28 Tahun, Tidak Ada Tim yang Meraih Poin Sempurna di Fase Grup Piala Dunia 2022!

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Sabtu 03 Desember 2022 05:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 51 2719724 pertama-kali-dalam-28-tahun-tidak-ada-tim-yang-meraih-poin-sempurna-di-fase-grup-piala-dunia-2022-N0vz0pVpWH.JPG Timnas Brasil gagal meraih poin sempurna di fase Grup Piala Dunia 2022 (Foto: Reuters)

BABAK penyisihan grup Piala Dunia 2022 telah rampung digelar. Empat pertandingan terakhir tersaji sejak Jumat 2 Desember 2022 malam WIB hingga Sabtu (3/12/2022) dini hari tadi.

Adapun keempat pertandingan itu dua dari Grup G dan dua lainnya dari Grup H. Dimulai laga pamungkas Grup H, mempertemukan Korea Selatan vs Portugal dan Ghana vs Uruguay.

Portugal

Portugal yang belum terkalahkan dalam dua laga awal, harus gigit jari di pertandingan terakhirnya. Mereka dipaksa menyerah 1-2 dari Korea Selatan.

Kekalahan itu membuat Portugal gagal mendulang poin sempurna dari tiga pertandingan di fase grup. Meski demikian, Portugal berhak lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup H, bersama Korea Selatan.

Sementara itu dari Grup G ada pertandingan Serbia vs Swiss dan Kamerun vs Brasil. Serbia harus mengakui keunggulan Swiss dengan skor 2-3.

Sedangkan Brasil, yang tak terkalahkan dalam dua laga awal, bernasib sama dengan Portugal. Mereka ditekuk Kamerun 0-1. Catatan itu membuat Brasil gagal mendulang angka penuh dari tiga pertandingan fase grup, meski Tim Samba berhak lolos ke 16 besar sebagai juara grup.

Torehan itu bukan hanya kabar buruk bagi Brasil dan Portugal. Namun, catatan itu membuat tidak ada satu pun tim yang meraih poin sempurna di Piala Dunia 2022.

Follow Berita Okezone di Google News

Ya, tidak ada satu negara yang berhasil menyapu bersih tiga kemenangan di babak grup. Sebelumnya, ada Prancis yang berpotensi menyabet tiga kemenangan di fase grup.

Prancis

Sayangnya, Prancis juga takluk 0-1 dari Tunisia pada 30 November 2022 silam. Hal itu merupakan yang pertama kalinya sejak Piala Dunia 1994, di Amerika Serikat. Itu artinya, Piala Dunia edisi kali ini mengulangi catatan 28 tahun silam.

Sebagai informasi, pada Piala Dunia 2018 lalu, ada tiga tim yang mampu mencatat sembilan poin penuh di babak grup, yakni Uruguay, Kroasia dan Belgia. Di edisi lebih lawas, yaitu Piala Dunia 2014, terdapat empat tim yakni Belanda, Kolombia, Argentina dan Belgia, yang meraih poin sempurna.

Pun demikian dengan Piala 2010. Terdapat dua tim, yakni Argentina dan Belanda, yang mampu menang tiga laga di fase grup. Sedangkan, di Piala Dunia 2006, terdapat empat tim yang menyapu bersih kemenangan di penyisihan grup, yakni Jerman, Portugal, Brasil dan Spanyol.

Pada edisi 2002, tim yang meraih poin sempurna adalah Spanyol dan Brasil. Sementara di edisi 1998, tim yang mengantongi poin sempurna adalah Prancis dan Argentina.

Catatan itu jadi hal fakta yang unik. Meskipun ketiga tim yang sebelumnya berpotensi meraih tiga kemenangan di fase grup Piala Dunia 2022, yaitu Prancis, Brasil, dan Portugal tetap lolos ke 16 besar sebagai juara grup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini