Share

Ini Alasan Timnas Indonesia Fokus Genjot Fisik pada TC Jelang Piala AFF 2022

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Jum'at 02 Desember 2022 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 51 2719272 ini-alasan-timnas-indonesia-fokus-genjot-fisik-pada-tc-jelang-piala-aff-2022-GTAgHYBnYI.jpg Timnas Indonesia latihan menjelang Piala AFF 2022 (Foto: PBSI)

INI alasan Timnas Indonesia fokus genjot fisik pada TC jelang Piala AFF 2022. Para pemain Timnas Indonesia melakukan itu karena sudah lama tidak bermain akibat mangkraknya kompetisi domestik.

Skuad Garuda โ€“ julukkan Timnas Indonesia โ€“ telah melaksanakan latihan terpusat (TC) di Pantai Purnama, Gianyar, Bali sejak 28 November 2022. Ini merupakan upaya dari tim sebagai persiapan menjelang Piala AFF 2022 yang akan dimulai 20 Desember 2022.

Timnas Indonesia

Sebanyak 28 pemain dipanggil oleh sang pelatih, Shin Tae Yong, untuk berlatih di Pulau Dewata. Kebanyakan dari mereka mentas di Tanah Air, kendati juga ada beberapa pemain yang merumput di luar negeri, seperti Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri serta dua pemain naturalisasi teranyar, yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Sayangnya, seiring dengan pemberhentian Liga 1 2022-2023 sejak 1 Oktober 2022 imbas tragedi Kanjuruhan, maka banyak pemain yang berada dalam kondisi yang kurang bugar. Mereka hanya menjaga kondisi sebisanya melalui latihan atau bahkan secara mandiri.

Pelatih Fisik Timnas Indonesia, Shin Sang Gyu, pun mengakui hal tersebut. Menurutnya, akan sangat sulit untuk menjaga kondisi fisik dan kebugaran para pemainnya karena jeda kompetisi yang terlampau lama.

"Memang penguatan dan fisik dasarnya sangat kurang saat ini. Apalagi harusnya liga bergulir tetapi dengan adanya Tragedi Kanjuruhan jadi mau tidak mau liganya libur,โ€ kata Shin Sang Gyu dilansir dari laman resmi PSSI.

โ€œJadi mempertahankan fisik dasar pemain itu susah sekali kemarin. Jadi TC kami dipercepat agar meningkatkan fisik dasar pemain," tambahnya.

Oleh karena itu, sekarang Jordi Amat dkk fokus untuk meningkatkan fisik mereka selama berlatih di Bali. Bahkan, pemusatan latihan yang sedianya dimulai 10 Desember dipercepat agar mereka bisa kembali ke kondisi terbaik lebih dulu.

Follow Berita Okezone di Google News

"Memang fisik masih kurang ya, apalagi saat ini persiapan pendek. Saat ini kami berupaya meningkatkan fisik pemain,โ€ jelas pelatih asal Korea Selatan itu.

Shin Tae-yong

โ€œSeperti apa yang dibicarakan sebelumnya, pemusatan latihan sebelumnya juga sama dengan pemusatan latihan sekarang. Memang setiap pemain itu harus ada persiapan yang matang dulu di klub, baru datang ke timnas. Kalau begitu pasti akan lebih lancar lagi di timnas dan kekurangan fisik pemain saat ini memang fisik dasar, power, dan stamina,โ€ pungkasnya.

Pada gelaran Piala AFF 2022 nanti, Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam. Laga pertama untuk Garuda adalah menghadapi Kamboja pada 23 Desember 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini