Share

Federasi Sepakbola Belgia Konfirmasi Pengunduran Diri Roberto Martinez Usai Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Jum'at 02 Desember 2022 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 51 2719218 federasi-sepakbola-belgia-konfirmasi-pengunduran-diri-roberto-martinez-usai-tersingkir-dari-piala-dunia-2022-IeyPwQQ8Uw.JPG Roberto Martinez mengundurkan diri dari Timnas Belgia (Foto: REUTERS)

FEDERASI Sepakbola Belgia konfirmasi pengunduran diri Roberto Martinez usai tersingkir dari Piala Dunia 2022. Kegagalan itu menyusul hasil imbang 0-0 kontra Kroasia di laga terakhir fase grup.

The Red Devils – julukan Timnas Belgia – hanya mampu bersaing di fase grup Piala Dunia 2022. Mereka hanya mengoleksi empat poin, kalah satu poin dari Kroasia yang finis sebagai runner-up selagi Maroko menjadi pemuncak berkat catatan tujuh poin.

Timnas Kroasia vs Timnas Belgia

Kevin De Bruyne dan kolega gagal mengalahkan Kroasia di laga penutup grup yang dimainkan di Stadion Ahmed bin Ali, Kamis 1 Desember 2022 malam WIB. Itu sangat disayangkan, terutama karena Romelu Lukaku membuang banyak peluang emas di sepanjang laga.

Setelah pertandingan, Martinez pun langsung mengatakan bahwa itu merupakan laga terakhirnya bersama Belgia. Dia mengaku sangat bangga bisa menukangi pasukannya yang sudah ditanganinya sejak 2016 lalu.

"Ya, itu adalah pertandingan terakhir saya dengan tim nasional. Ini emosional, seperti yang bisa Anda bayangkan. Saya tidak bisa melanjutkan (menjawab), maaf,” kata Martinez dilansir dari Independent, Jumat (2/12/2022).

Ketua Umum Federasi Sepakbola Belgia, Peter Bossaert, pun kemudian mengonfirmasi kepergian entrenador asal Spanyol itu. Bossaert sangat berterima kasih dengan semua pencapaian yang diberikan oleh Martinez selama ini, seperti menyabet tempat ketiga di Piala Dunia 2018 dan juga membawa The Red Devils duduk di peringkat satu ranking FIFA selama empat tahun berturut-turut.

Follow Berita Okezone di Google News

“Kami berterima kasih kepada Roberto Martinez untuk semua yang dia capai dengan Generasi Emas ini, sebagai pelatih sekaligus direktur teknik. Empat tahun berturut-turut nomor satu di peringkat FIFA, medali perunggu di Piala Dunia 2018, kualifikasi untuk Piala Eropa 2020, semifinal UEFA Nations League 2021, dan Piala Dunia 2022,” kata Bossaert dikutip dari Twitter @SkySportsNews, Jumat (2/12/2022).

Timnas Belgia

Mundurnya Martinez nampaknya sekaligus menjadi penutup dari perjalanan generasi emas Belgia, yang dihuni oleh banyak pemain bintang, seperti Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Jan Vertonghen, Dries Mertens, Axel Witsel, Toby Alderweireld hingga Thomas Meunier dan juga yang lainnya. Pasalnya, mayoritas dari mereka sudah berkepala tiga dan mungkin ini menjadi kesempatan terakhir bagi mereka untuk bisa mentas di Piala Dunia dalam usia emas mereka.

Ini nampaknya adalah akhir dari skuad yang disebut-sebut Generasi Emas Belgia. Sayangnya, generasi tersebut tidak pernah meraih trofi hingga kini, selain bertengger di posisi teratas peringkat FIFA selama empat tahun beruntun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini