Share

Pelatih Timnas Jepang Ungkap Kunci Sukses Bungkam Spanyol di Piala Dunia 2022

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Jum'at 02 Desember 2022 09:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 51 2719074 pelatih-timnas-jepang-ungkap-kunci-sukses-bungkam-spanyol-di-piala-dunia-2022-OAoLJ8O6BR.jpg Timnas Jepang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup E. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

PELATIH Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, mengungkap kunci sukses timnya menang 2-1 atas Spanyol di matchday pamungkas Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (2/11/2022) dini hari WIB. Ia mengatakan, Tim Samurai Biru –julukan Timnas Jepang– menang atas Spanyol karena tampil sebagai kesatuan.

Sebelum laga dimulai, Jepang wajib menang atas Spanyol demi lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Jepang bisa lolos meski bermain imbang dengan Spanyol, asalkan di laga lain Jerman dan Kosta Rika bermain seri.

Timnas Jepang vs Spanyol

(Spanyol unggul lebih dulu lewat sundulan Morata pada menit ke-11)

Sayangnya, usaha Jepang meraih kemenangan tidak mudah. Jepang kebobolan lebih dulu lewat tandukan Alvaro Morata pada menit ke-11.

Akan tetapi, sejumlah perubahan strategi di babak kedua membuahkan hasil positif bagi Takefusa Kubo dan kolega. Jepang sukses menorehkan dua gol dalam waktu tiga menit yakni via Ritsu Doan (48’) dan Ao Tanaka (51’).

Hebatnya lagi, Negeri Matahari Terbit mengatasi Spanyol dengan hanya memiliki 17 persen penguasaan bola. Hal itu berarti, Jepang bermain sangat efektif untuk bisa mencuri dua gol kemenangan tersebut.

Meski menang, Hajime Moriyasu mengakui La Furia Roja –julukan Spanyol- memang lawan yang sangat berat untuk ditaklukkan. Namun, para pemainnya menunjukan determinasi yang luar biasa saat tertinggal dan bermain sebagai sebuah tim sehingga mampu membalikkan keadaan untuk mengamankan kemenangan.

 

Follow Berita Okezone di Google News

"Kami bermain melawan Spanyol, yang merupakan salah satu tim terbaik di dunia. Kami tahu sebelum pertandingan bahwa ini akan sangat sulit, dan memang begitu adanya," kata Hajime Moriyasu mengutip dari RTE Sports, Jumat (2/12/2022).

Timnas Jepang vs Spanyol

"Para pemain kebobolan satu gol, tetapi mereka bertahan dan bertahan dan mencoba mengubah aliran permainan. Kami bermain sebagai satu kesatuan dan saya bisa merasakan waktu telah berubah di babak kedua,” tambahnya.

Lebih lanjut, Moriyasu mengungkapkan kemenangan ini dipersembahkan timnya untuk para suporter Jepang. Ia menilai hasil apik yang diraih pasukannya hari ini berkat dukungan penuh yang diberikan mereka yang datang ke stadion maupun mendukung lewat layar kaca.

"Ada banyak penggemar yang datang jauh-jauh dari Jepang dan juga mereka yang tinggal di Jepang, dan saya pikir kemenangan kami juga berkat dukungan mereka,” ujar juru taktik berusia 54 tahun tersebut.

Berkat hasil tersebut, Samurai Biru lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup E. Selanjutnya, Jepang bakal menghadapi Kroasia yang merupakan runner-up Grup F, pada Senin 5 Desember pukul 22.00 WIB di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Qatar.

Jika menang atas Kroasia, Jepang akan menciptakan sejarah, yakni untuk pertama kalinya lolos ke perempatfinal Piala Dunia. Karena itu, menarik menanti aksi lanjutan Jepang di Piala Dunia 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini