Share

Kena Karma Gol Hantu Frank Lampard, Timnas Jerman Disingkirkan Jepang dari Piala Dunia 2022 Gara-Gara Gol Kontroversial!

Ramdani Bur, Okezone · Jum'at 02 Desember 2022 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 51 2719014 kena-karma-gol-hantu-frank-lampard-timnas-jerman-disingkirkan-jepang-dari-piala-dunia-2022-gara-gara-gol-kontroversial-zCLzvN63cC.jpg Sebelum bola dilepaskan Kaoru Mitoma, bola sudah lebih dulu meninggalkan lapangan. (Foto: REUTERS/Peter Cziborra)

KENA karma gol hantu Frank Lampard, Timnas Jerman disingkirkan Jepang dari Piala Dunia 2022 gara-gara gol kontroversial. Jumat (2/12/2022) dini hari WIB menjadi laga yang menegangkan bagi Jerman.

Die Mannschaft –julukan Jerman– wajib menang atas Kosta Rika, sembari berharap di laga lain Spanyol menang atau imbang atas Jepang demi lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Jerman pada akhirnya menang 4-2 atas Kosta Rika.

Timnas Jerman

(Timnas Jerman menang 4-2 atas Kosta Rika)

Kemenangan itu membuat koleksi poin Jerman adalah empat dan selisih gol +1. Sayangnya, di laga lain secara mengejutkan Spanyol tumbang 1-2 dari Jepang!

Hasil ini membuat Jepang dan Spanyol yang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 mewakili Grup E. Koleksi poin Jerman dan Spanyol sebenarnya sama persis, namun La Furia Roja –julukan Spanyol– berhak menempati posisi yang lebih baik karena unggul selisih gol.

Padahal, jika saja Spanyol dan Jepang bermain imbang, Jerman yang akan mendampingi La Furia Roja ke 16 besar. Jika Spanyol dan Jepang bermain imbang, koleksi poin Jerman dan Samurai Biru –julukan Jepang– sama-sama empat.

Namun, Jerman unggul selisih gol, yakni +1 berbanding 0 milik Jepang. Akan tetapi, gol kedua Jepang yang dicetak Ao Tanaka ke gawang Spanyol pada menit 51, mengubah segalanya.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Gol Ao Tanaka masuk kategori kontroversial. Sebab, sebelum Ao Tanaka menceploskan bola ke gawang Unai Simon, si kulit bulat sudah lebih dulu meninggalkan lapangan. Dalam tayangan ulang terlihat jelas, saat Kaoru Mitoma melepaskan umpan silang ke Ao Tanaka, bola sudah meninggalkan lapangan.

Timnas Jepang

(Terlihat bola sudah melewati lapangan)

Karena itu, gol kontroversial Jepang telah menyingkirkan Jerman dari Piala Dunia 2022. Namun, banyak pencinta sepakbola menilai, ini merupakan ganjaran atau karma yang pernah dibuat Jerman di Piala Dunia 2010.

Saat itu, Jerman dan Inggris bertemu di 16 besar Piala Dunia 2010. Hingga menit 35, Jerman unggul 2-0 atas Inggris via aksi Miroslav Klose dan Lukas Podolski. Inggris kemudian memperkecil kedudukan lewat Matthew Upson pada menit 37.

Dua menit berselang, Inggris sebenarnya menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah tembakan jarak jauh Frank Lampard yang membentur mistar gawang, kemudian memantul ke bawah dan melewati garis gawang. Namun, wasit yang memimpin pertandingan tidak mensahkan gol tersebut karena mengira si kulit bulat belum melewati garis gawang.

Frank Lampard

(Tembakan Frank Lampard sudah melewati garis gawang)

Alhasil, laga tetap dilanjutkan dan akhirnya Jerman menang 4-1 atas Inggris, lewat brace Thomas Muller. Padahal jika saat itu gol disahkan dan skor sama kuat 2-2, Inggris kemungkinan besar membalikkan keadaan dan memenangkan laga. Kesimpulannya, apakah gol kontroversial Jepang merupakan karma yang diterima Jerman dari Piala Dunia 2010?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini