Share

Daftar 12 Negara yang Gagal Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Reinaldy Darius, Okezone · Jum'at 02 Desember 2022 05:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 51 2718987 daftar-12-negara-yang-gagal-lolos-ke-16-besar-piala-dunia-2022-zjIMirFGaj.JPG Timnas Jerman dipastikan gugur di babak grup Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS)

DAFTAR 12 negara yang gagal lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 akan dibahas di sini. Jerman dan Belgia secara mengejutkan masuk dalam daftar ini.

Timnas Jerman berada di ujung tanduk menjelang laga terakhir mereka di Grup E, yang dimainkan pada Jumat (2/12/2022) dini hari tadi WIB. Die Mannschaft – julukan Timnas Jerman – wajib menang atas Kosta Rika selagi berharap laga antara Jepang dan Spanyol menguntungkan untuk mereka.

Timnas Jerman

Skuad asuhan Hansi Flick sukses melakukan itu, dengan mengalahkkan Kosta Rika 4-2. Namun sayangnya, Jepang berhasil membuat kejutan lagi dengan meraih kemenangan 2-1 atas Spanyol.

Dengan situasi ini, Jerman dan Spanyol sama-sama mengoleksi empat poin. Miris bagi Jerman, La Furia Roja – julukan Timnas Spanyol – sangat diuntungkan berkat kemenangan 7-0 atas Kosta Rika pada pertandingan pertama, yang membuat mereka unggul jauh dalam catatan selisih gol dari Die Mannschaft.

Jerman pun pulang kampung ke Eropa, menyusul Belgia yang beberapa jam sebelumnya dipulangkan oleh Kroasia. The Red Devils – julukan Timnas Belgia – tertahan dengan skor 0-0 kontra Kroasia pada pertandingan terakhir Grup F, Kamis 1 Desember 2022 malam WIB.

Mereka mengakhiri babak grup dengan catatan empat poin, namun itu masih belum cukup karena Kroasia memiliki lima poin. Di sisi lain, Maroko menjadi juara grup dengan catatan tujuh poin berkat kemenangan 2-1 atas Kanada.

Yang juga pulang kampung dari pertandingan semalam adalah Kosta Rika dan Kanada. Keempat tim ini, menyusul delapan tim yang sudah lebih dulu dipastikan mengakhiri turnamen.

Tuan rumah Qatar menjadi tim pertama yang tersingkir dari Piala Dunia 2022. Kepastian itu sudah didapatkan sejak mereka kalah 1-3 dari Senegal pada pertandingan kedua. Namun Qatar mengakhiri turnamen dengan miris tanpa meraih satu poin pun usai menderita kekalahan lagi pada pertandingan ketiga kontra Belanda dengan skor 0-2.

Follow Berita Okezone di Google News

Yang juga gugur dari Grup A adalah Ekuador. Kekalahan 1-2 dari Senegal menyesakkan dada Enner Valencia dan kolega karena catatan empat poin mereka kalah dua angka dari Senegal.

Timnas Denmark

Dari Grup B, Iran dan Wales harus gugur terlebih dulu. Keduanya sama-sama kalah pada pertandingan terakhir. Iran takluk 0-1 dari Amerika Serikat, sedangkan Wales dibantai Inggris 0-2.

Meksiko dan Arab Saudi menjadi dua tim dari Grup C yang tersingkir. Meksiko menang 2-1 atas Arab Saudi di pertandingan terakhir, namun kalah selisih gol dari Polandia yang sebenarnya takluk 0-2 dari Argentina pada matchday penutup.

Sedangkan dari Grup D adalah Tunisia dan Denmark. Kemenangan 1-0 atas Prancis tak cukup meloloskan Tunisia, sedangkan Denmark disingkirkan Australia usai takluk 0-1.

Daftar 12 Negara yang Gagal Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022

1. Qatar

2. Ekuador

3. Iran

4. Wales

5. Meksiko

6. Arab Saudi

7. Tunisia

8. Denmark

9. Jerman

10. Kosta Rika

11. Belgia

12. Kanada

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini