Share

Hasil Timnas Iran vs Amerika Serikat di Piala Dunia 2022: Libas Tim Melli 0-1, The Yanks Melaju ke 16 Besar!

Maulana Yusuf, MNC Portal · Rabu 30 November 2022 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 51 2717493 hasil-timnas-iran-vs-amerika-serikat-di-piala-dunia-2022-libas-tim-melli-0-1-the-yanks-melaju-ke-16-besar-ynTUFGFHC7.JPG Gol Christian Pulisic di Laga Timnas Iran vs Amerika Serikat pada Piala Dunia 2022 (Foto: Reuters)

HASIL Timnas Iran vs Amerika Serikat di Piala Dunia 2022 sudah diketahui. The Yanks -julukan Timnas Amerika Serikat- sukses mengamankan tempat di babak 16 besar usai menang atas Tim Melli -julukan Timnas Iran- dengan skor tipis 0-1.

Laga tersebut tersaji di Al Thumama Stadium, Qatar pada Rabu (30/11/2022) dini hari WIB. Adalah Christian Pulisic (38') yang menjadi pencetak gol kemenangan Amerika Serikat.

Iran vs Amerika Serikat

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Iran yang mengenakan kostum warna putih langsung agresif dalam memulai pertandingan sejak peluit dibunyikan. Tim asuhan Carlos Queiroz mulai mengembangkan permainannya. Namun, upaya mereka masih bisa dihentikan oleh para pemain Amerika Serikat yang melakukan pressing ketat.

Sementara itu, pasukan Amerika Serikat di bawah asuhan Gregg Berhalter juga berusaha untuk melancarkan serangan. The Yanks punya peluang pada menit 11 lewat sundulan Christian Pulisic. Ia naik ke area pertahanan lawan dan menyundul umpan silang tepat ke tengah gawang. Sialnya, sundulannya masih lemah dan mampu ditangkap Alireza Beiranvand.

Kemudian, kali ini giliran Timothy Weah yang melakukan sundulan di menit 28. Ia sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Iran. Lagi-lagi, Alireza kembali mampu menyelamatkan gawangnya.

Iran pun merespon beberapa peluang Amerika Serikat dengan serangan balik. Tepat di menit 31, Ahmad Noorollahi melakukan solo run. Akan tetapi, dia gagal menciptakan peluang karena pemain lawan menghalanginya. Setelah itu, kedua tim masih berupaya untuk mencari gol pembuka.

Alhasil, upaya dari Skuad Amerika Serikat yang membuahkan hasil manis. The Yanks sukses membuka keran golnya di menit 38 melalui Christian Pulisic. Berawal dari umpan silang ke kotak penalti disundul oleh Sergino Dest, dan bola diumpan ke Pulisic yang langsung melakukan sontekan manis. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk Amerika Serikat.

Setelah kebobolan, Iran meningkatkan intensitas permainannya. Namun, tim asuhan Carlos Queiroz masih mengalami kebuntuan. Sementara itu, Amerika Serikat sempat mencetak gol keduanya lewat Timothy Weah. Akan tetapi, gol itu dianulir karena ia terjebak offside. Alhasil, skor 1-0 untuk Amerika Serikat bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Sejak babak kedua dimulai, Iran nampaknya mengubah strategi mereka. Di mana, Carlos Queiroz mengganti beberapa pemainnya. Dapat tenaga tambahan, Mehdi Taremi dan kolega pun berusaha mencetak gol balasan dan keluar dari tekanan Amerika Serikat.

Namun, pada menit 48 Amerika Serikat kembali mengancam pertahanan Iran. Umpan diterima oleh Joshua Sargent yang tidak terkawal. Dia dengan hati-hati menempatkan tembakan rendah ke arah tengah gawang. Akan tetapi, penyelamatan brilian Alireza Beiranvand dapat mematahkan serangan The Yanks.

Kali ini, Iran hampir menyamakan kedudukan di menit 65 melalui sepakan kaki kanan Saman Ghoddos. Namun gol tersebut dianulir wasit. Karena sebelumnya, Mehdi Taremi dianggap telah melanggar lawan selama gerakan menyerang.

Hingga menit ke-85, Iran masih terus menggempur pertahanan Amerika Serikat. Sementara itu, The Yanks nampaknya tampil bertahan untuk mengamankan keunggulannya.

Follow Berita Okezone di Google News

Kendati telah memasuki menit-menit akhir, Iran masih terus berupaya untuk menyamakan kedudukan. Tim asuhan Carlos Queiroz itu pun tak lelah berlari untuk bisa menciptakan peluang berbahaya. Akan tetapi, kerja keras mereka masih belum membuahkan hasil manis.

Iran vs Amerika Serikat

Alhasil, hingga pertandingan berakhir, Iran tak mampu mencetak gol balasan. Kemenangan 1-0 pun berhasil didapatkan oleh Amerika Serikat. Dengan hasil ini, Amerika Serikat berhak memastikan tiket ke babak 16 besar menemani Inggris.

Susunan Pemain Iran vs Amerika Serikat:

Iran XI (4-3-3): Alireza Beiranvand (GK); Milad Mohammadi (Ali Karimi, 45+2'), Morteza Pouraliganji, Majid Hosseini, Ramin Rezaeian, Ehsan Haji Safi (Abolfazl Jalali, 71'), Saeid Ezatolahi, Ahmad Nourollahi (Mehdi Torabi, 71'), Mehdi Taremi, Ali Gholizadeh (Karim Ansarifard, 77'), Sardar Azmoun (Saman Ghoddos, 46').

Cadangan: Hossein Hosseini (GK), Amir Abedzadeh (GK), Payam Niazmand (GK), Sadegh Moharrami, Shoja Khalilzadeh, Alireza Jahanbakhsh, Karim Ansarifard, Vahid Amiri, Hossein Kanaanizadegan, Saman Ghoddos, Rouzbeh Cheshmi, Mehdi Torabi, Ali Karimi, Abolfazl Jalali.

Pelatih: Carlos Queiroz

Amerika Serikat XI (4-3-3): Matt Turner (GK), Sergino Dest (Shaquell Moore, 82), Antonie Robinson, Tim Ream, Tyler Adams (C), Cameron Carter-Vickers, Yunus Musah, Weston McKennie (Kellyn Perry Acosta, 65'), Christian Pulisic (Brenden Aaronson, 46'), Timothy Weah (Walker Zimmerman, 88'), Joshua Sargent (Haji Wright, 77').

Cadangan: Ethab Horvath (GK), Sean Johnson (GK), Giovanni Reyna, Jessus Ferreira, Brenden Aaronson, Luca De La Torre, Aaron Long, Jordan Morris, Cristian Roldan, Shaquell Moore, DeAndre Yedlin, Kellyn Perry Acosta, Joe Scally, Walker Zimmerman, Haji Wright.

Pelatih: Gregg Berhalter

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini