Share

Takut Timnas Amerika Serikat Dicoret dari Piala Dunia 2022 Gara-Gara Hina Iran, Gregg Berhalter Minta Maaf

Ramdani Bur, Okezone · Selasa 29 November 2022 06:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 51 2716717 takut-timnas-amerika-serikat-dicoret-dari-piala-dunia-2022-gara-gara-hina-iran-gregg-berhalter-minta-maaf-MPOFr6CU8F.jpg Pelatih Timnnas Amerika Serikat, Gregg Berhalter, meminta maaf atas insiden penghinaan kepada Iran. (Foto: REUTERS)

PELATIH Timnas Amerika Serikat, Gregg Berhalter, meminta maaf atas kontroversi yang dilakukan admin media sosial sepakbola putra Amerika Serikat kepada Iran. Gregg Berhalter memastikan ia dan para pemain Timnas Amerika Serikat sama sekali tidak terlibat dalam penghinaan yang dilakukan admin tersebut.

Sebelumnya pada Minggu 27 November 2022, akun Twitter Instagram dan Twitter sepakbola putra Amerika Serikat, @usmnt, mengunggah klasemen sementara Grup B Piala Dunia 2022, plus jadwal laga pamungkas yang mempertemukan Amerika Serikat vs Iran.

Timnas Iran vs Amerika Serikat

(Lambang di bendera negara Iran dihapus akun @usmnt)

Selintas, tak ada yang aneh dalam unggahan tersebut. Namun, jika ditelisik lebih dalam, akun @usmnt menghapus lambang yang ada di bendera Iran.Dalam unggahannya, lambang negara Iran yang berbentuk empat bulan sabit dan sebilah pedang tidak disertakan akun tersebut.

Aksi itu dilakukan akun @usmnt sebagai bentuk protes masalah Hak Asasi Manusia (HAM) khususnya kepada perempuan yang tengah terjadi di Iran. Unggahan akun itu pun mendapat sorotan dari jurnalis asal Iran, Holly Dagres.

“Akun Twitter dan IG tim sepakbola nasional pria AS (@USMNT) menghapus lambang Republik Islam dari Bendera Iran, jelang laga Amerika Serikat vs Iran,” tulis akun Twitter jurnalis asal Iran, @hdagres.

Kantor berita Iran, Tasnim, pun melakukan protes kepada FIFA. Mereka meminta federasi sepakbola dunia itu untuk menghukum Amerika Serikat, sekaligus menendang Negeri Paman Sam dari Piala Dunia 2022.

Follow Berita Okezone di Google News

“Dengan mengunggah bendera Republik Islam Iran yang terdistorsi di akun resminya, Timnas Amerika Serikat telah melanggar piagam FIFA. Amerika Serikat bisa terkena skorsing 10 pertandingan mengacu kepada hukuman yang berlaku,” tulis kantor berita Tasnim, mengutip dari Sports Illustrated.

Gregg Berhalter

(Pelatih Timnas Amerika Serikat, Gregg Berhalter)

Karena itu, demi menghindari ketegangan jelang laga Iran vs Amerika Serikat, Gregg Berhalter mencoba mendinginkan suasana. Pelatih 49 tahun itu secara terbuka meminta maaf kepada Iran.

“Para pemain dan pelatih AS tidak tahu apa-apa tentang apa yang di-posting. Meski begitu, saya ingin meminta maaf atas nama para pemain dan staff atas insiden tersebut,” kata Gregg Berhalter mengutip dari Forbes, Selasa (29/11/2022).

Sesuai jadwal, Amerika Serikat akan menghadapi Iran di laga pamungkas Grup B Piala Dunia 2022 pada Rabu, 30 November 2022 dini hari WIB. Tim yang memenangkan laga dipastikan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini