Share

Intip Keseruan Festival Oranje Indonesia, Bukti Eratnya Sepakbola Indonesia dan Belanda

Dimas Khaidar, Okezone · Senin 28 November 2022 19:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 51 2716553 intip-keseruan-festival-oranje-indonesia-bukti-eratnya-sepakbola-indonesia-dan-belanda-2cOmnCjbZv.jpg Keseruan Festival Oranje Indonesia (Foto: Festival Oranje Indonesia)

ACARA Festival Oranje Indonesia merupakan salah satu gelaran nonton bareng Piala Dunia 2022. Hebatnya, ajang tersebut merupakan yang terbesar di Indonesia.

Ajang nonton bareng tersebut dilangsungkan di Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno, Jakarta pada Jumat (25/11/2022). Acara tersebut diketahui dihadiri lebih dari 3 ribu pendukung Timnas Belanda.

Festival Oranje Indonesia

Tak hanya itu, acara tersebut juga dimeriahkan sejumlah nama-nama terkenal seperti Jason Ranti dan Danilla. Selain Jason Ranti dan Danilla, eks komentator Liga 1 2022-2023, Valentino Simanjuntak juga hadir di acara tersebut sebagai pembawa acara.

Hebatnya, mantan pemain Timnas Belanda, Ron Vlaar turut memeriahkan acara bagi para suporter Timnas Belanda di Indonesia itu. Festival Oranje Indonesia dibuka oleh Perwakilan Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) Ilija Dijkstra, Sesmenpora Gunawan Suswantoro, Wasekjen PSSI Maike Ira Puspita, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, dan Dubes Belanda Lambert Grinch.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Menpora, Gunawan Suswantoro menyebut jika acara Festival Oranje Indonesia merupakan bukti jika sepakbola mampu menyatukan seluruh dunia. Ia juga berharap semoga hubungan baik antara fans Indonesia dan Belanda memiliki dampak yang baik.

“Semoga hubungan baik antara Indonesia dan Belanda ini, dengan fans yang begitu banyak ini, memiliki dampak yang baik. Melihat semangat penonton sepak bola di Indonesia ini meyakinkan kita dan bisa menjadi bukti bahwa sepak bola bisa mempersatukan dan membawa perdamaian,” ungkap Gunawan yang mewakili Kemenpora.

Follow Berita Okezone di Google News

Tak hanya Gunawan Suswantoro, Kepala Strategi Pemasaran Internasional KNVB, Ilija Dijkstra turut menyatakan sangat senang bisa mengadakan Festival Oranje Indonesia. Ia menganggap momen tersebut merupakan ajang silaturahmi bagi suporter Timnas Belanda yang berbasis di Indonesia.

Festival Oranje Indonesia

"Kami sangat bahagia bisa berada di sini untuk memberikan sesuatu bagi penggemar Timnas Belanda di Indonesia. Sangat luar biasa para penggemar, sehingga akhirnya kami menggelar Festival Oranje Indonesia," kata Ilja Dijkstra.

Suksesnya acara tersebut di Jakarta merupakan salah satu agenda yang direncanakan KNVB di Indonesia sejak 2021 lalu. Acara festival di Jakarta akan dilanjutkan dengan Fan Tour yang mendatangi seluruh penggemar Timnas Belanda di Indonesia.

Selama Fan Tour tersebut, fans-fans dari Jawa hingga Papua Barat dan Ambon akan menjadi destinasi KNVB selama Piala Dunia 2022 Qatar berlangsung. Selain itu, KNVB juga akan memberikan hadiah di setiap kota dalam bentuk lukisan mural.

Hadia pertama tentunya telah ditempatkan di Jakarta, tepatnya di kafe kopi Unfinished miliki penggemar Timnas Belanda, Mario Lawalata. Hal tersebut bertujuan untuk mengakui seluruh suporter Timnas Belanda di Indonesia yang berdasarkan data mencapai 12 juta fans.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu strategi penggemar KNVB di kancah internasional. Strategi tersebut diusung untuk menyampaikan terima kasih kepada jutaan penggemar yang telah setia mendukung Timnas Belanda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini