Share

5 Alasan Timnas Spanyol Menang 7-0 atas Kosta Rika di Piala Dunia 2022, Nomor 1 Libatkan Barcelona

Reinaldy Darius, Okezone · Kamis 24 November 2022 06:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 51 2713702 5-alasan-timnas-spanyol-menang-7-0-atas-kosta-rika-di-piala-dunia-2022-nomor-1-libatkan-barcelona-Ytq5Xm091P.JPG Timnas Spanyol menang telak 7-0 atas Kosta Rika di Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS)

SEBANYAK 5 alasan Timnas Spanyol menang 7-0 atas Kosta Rika di Piala Dunia 2022 akan dibahas di sini. Salah satu di antaranya melibatkan Barcelona.

La Furia Roja – julukan Timnas Spanyol – mengawali langkahnya di Piala Dunia 2022 dengan gemilang. Bermain di Stadion Al Thumama pada Rabu 23 November 2022 malam WIB, mereka menang dengan mencetak tujuh gol tanpa berbalas sekali pun.

Timnas Spanyol

Banyak faktor yang memengaruhi kemenangan besar Spanyol ini. Kami akan membahas lima di antaranya. Apa sajakah itu? Silakan simak pembahasan berikut ini.

Berikut 5 Alasan Timnas Spanyol Menang 7-0 atas Kosta Rika di Piala Dunia 2022

5. Ketajaman Ferran Torres

Ferran Torres

Ferran Torres mencetak dua di antara tujuh gol Spanyol dalam laga ini. Tentu, itu tidak bermaksud untuk mengerdilkan kontribusi para pemain lainnya.

Hanya saja, Ferran Torres sukses memaksimalkan peluang ketika diperlukan. Gol pertamanya dicetak dari eksekusi penalti pada menit ke-31, sebelum memaksimalkan keteledoran Keylor Navas pada menit ke-54.

4. Penurunan Kualitas Keylor Navas

Keylor Navas

Keylor Navas merupakan salah satu kiper terbaik dunia selama beberapa tahun terakhir. Namun, pada usia 35 tahun, jelas Keylor Navas mengalami penurunan.

Dia pun bukan lagi andalan di klubnya, Paris Saint-Germain, karena digeser Gianluigi Donnarumma. Gol-gol yang merobek gawangnya di laga kali ini nampak terlalu mudah menembus pengawalannya.

3. Kejeniusan Luis Enrique

Luis Enrique

Luis Enrique adalah sosok kunci di balik kesuksesan Spanyol selama ini. Memang belum membuahkan trofi, namun kegemilangannya telah terbukti di berbagai ajang.

Pada pentas Piala Eropa 2020 misalnya, mereka sukses menembus babak semifinal. Kali ini pun nampak bahwa taktik eks pelatih Barcelona itu berjalan sempurna.

2. False 9

Marco Asensio

Luis Enrique memilih untuk menurunkan Marco Asensio sebagai ujung tombak dalam laga ini. Padahal, sang bintang Real Madrid bukanlah striker, melainkan penyerang sayap.

Keputusan Enrique untuk bermain dengan strategi false 9 pun berjalan dengan sempurna. Marco Asensio yang dipercaya untuk tampil, melaksanakan tugasnya dengan baik usai mencetak sebuah gol.

 

1. Kepaduan Para Pemain Barcelona

Gavi

Dalam skuadnya kali ini, Luis Enrique memanggil delapan orang pemain Barcelona. Mereka adalah Jordi Alba, Sergio Busquets, Pedri, Gavi, Ferran Torres, Ansu Fati, Eric Garcia, dan Alejandro Balde.

Lima di antaranya bermain sebagai starter kontra Kosta Rika. Gavi, Pedri, dan Sergio Busquets menguasai lini tengah Spanyol.

Kepaduan di lini tengah ini merupakan kunci dominasi Spanyol kontra Kosta Rika. Kebersamaan para pemain Barcelona tersebut yang sudah terjalin sejak di level klub, memudahkan mereka untuk bekerja sama di Timnas Spanyol.

 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini