Share

Kisah Timnas Brasil sang Juara Bertahan yang Luput dari Kutukan Piala Dunia

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 22 November 2022 22:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 51 2712841 kisah-timnas-brasil-sang-juara-bertahan-yang-luput-dari-kutukan-piala-dunia-zMBJWJqkhH.jpg Kisah Timnas Brasil sang juara bertahan yang luput dari kutukan Piala Dunia (Foto: Reuters)

KISAH Timnas Brasil, sang juara bertahan yang luput dari kutukan Piala Dunia akan diulas dalam artikel Okezone kali ini. Piala Dunia memang kerap menciptakan momen bersejarah hingga kisah unik.

Salah satunya adalah kisah mengenai kutukan. Kutukan yang paling sering dibicarakan salah satunya adalah juara bertahan dipercayai akan tumbang di babak pertama pada edisi selanjutnya.

Timnas Brasil

Namun, kutukan tersebut rupanya tak berlaku bagi Timnas Brasil. Kenapa begitu?

Berikut kisah Timnas Brasil sang juara bertahan yang luput dari kutukan Piala Dunia

Kutukan tersebut pernah hinggap pada Timnas Italia yang pada Piala Dunia 2006 berhasil keluar sebagai juara. Namun, pada Piala Dunia 2010, Italia justru harus tersingkir di fase grup. Demikian juga dengan Spanyol dan Jerman di Piala Dunia 2014 dan 2018.

Beda cerita dengan Timnas Brasil yang di setiap edisinya justru selalu mocer meski tak selalu menjadi juara. Pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, Tim Samba -julukan Timnas Brasil- berhasil memenangkan trofi Piala Dunia yang ketiga mereka.

Pada edisi selanjutnya, yakni Piala Dunia 1998 yang diadakan di Prancis kutukan tersebut tidak mempan untuk Timnas Brasil. Pasalnya, negara ini justru terus melaju hingga babak final meski harus puas dikalahkan tim tuan rumah dan harus berakhir sebagai runner-up.

Brasil kembali membuktikan jika kutukan yang disematkan hanyalah sebuah mitos. Hal ini terbukti saat Brasil kembali berlaga pada Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang. Kala itu, Brasil diperkuat oleh pemain-pemain hebat, seperti Ronaldinho, Rivaldo, Ronaldo, Ricardo Kaka, dan lain-lain.

Timnas Brasil

Alhasil, tim Samba melenggang lurus hingga ke babak final. Di babak final, Brasil harus berhadapan dengan Jerman dan berhasil mengalahkannya. Otomatis Brasil kembali meraih trofi juara.

Piala Dunia edisi 2006 di Jerman pun Brasil kembali lagi meski harus mengaku kalah atas kehebatan Prancis di perempat final. Brasil berhasil membuktikan bahwa kutukan tersebut tidak benar dengan terus melenggang di fase grup pada setiap edisi.

Demikian Kisah timnas Brasil sang juara bertahan yang luput dari kutukan Piala Dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini