Share

Fans Bentangkan Bendera Palestina saat TV Israel Live di Piala Dunia 2022

Faidatul Mualimah, MNC Portal · Selasa 22 November 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 51 2712710 fans-bentangkan-bendera-palestina-saat-tv-israel-live-di-piala-dunia-2022-LfAxtUKeHJ.JPG Penggemar bentangkan bendera Palestina di Piala Dunia 2022 (Foto: Reuters)

PARA suporter membentangkan bendera Palestina ketika TV Israel Live di Piala Dunia 2022 pada Minggu 20 November 2022. Aksi tersebut merupakan bentuk solidaritas yang ditunjukan sebagian penggemar sepakbola yang hadir di Qatar.

Diberitakan Doha News melalui video di Twitter yang diunggah pada 21 November 2022. Di mana pada tayangan tersebut memperlihatkan para suporter membentangkan bendera Palestina di hadapan salah satu media Israel.

Suporter Piala Dunia 2022

Tidak hanya membentangkan bendera saja, sebagian fans juga meneriakkan kata “Palestina”. Hal itu sebagai bentuk dukungan kepada negara tersebut yang hingga kini terus-menerus berkonflik dengan Israel.

Meski suasana yang kurang kondusif, tapi reporter asal Israel itu tetap fokus dan tidak mempedulikan situasi sekitarnya. Walaupun di beberapa momen ia menengok dan sesekali berhenti bicara.

"Pendukung Palestina melanjutkan kampanye #NoToNormalisation di Qatar!" cuit Doha News di Twitter, dikutip Selasa (22/11/2022).

"Para pendukung gerakan berkumpul di belakang jurnalis Israel yang melaporkan Piala Dunia 2022 di Doha," lanjut cuitan tersebut.

Melansir Al Jazeera, Qatar memang tengah mendapat kritikan tajam dari media-media barat karena adanya isu pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Piala Dunia 2022. Namun begitu, mereka memberikan dukungan besar terhadap Palestina.

Bendera Palestina

Bahkan Qatar memberikan pelayanan ekstra kepada masyarakat di Palestina dengan menyediakan tempat nonton bareng gratis di Gedung Olahraga Kota Gaza. Ini sebagai bentuk perhatian tuan rumah terhadap warga Palestina yang tidak bisa menyaksikan langsung ajang empat tahunan tersebut di Qatar.

“Kami tidak bisa pergi ke Qatar dan menonton Piala Dunia karena pengepungan dan kedua kondisi ekonomi," kata Anas Snounou, seorang penduduk di Gaza, dikutip dari Al Jazeera.

"Banyak hal yang menghalangi kami untuk pergi ke sana untuk menonton pertandingan, tetapi faktor utama yang menghalangi kami untuk pergi ke sana adalah masyarakat (Israel) dan pengepungannya,” pungkasnya.

Israel dan Mesir memberlakukan blokade di Gaza ketika gerakan Hamas merebut wilayah itu pada tahun 2007. Blokade dan perang dengan Israel telah memperburuk kondisi kehidupan di Gaza, di mana bepergian ke luar wilayah tersebut sangat sulit dan dibatasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini