Share

5 Penyebab Timnas Indonesia U-20 Kalah 1-2 dari Timnas Slovakia U-20, Nomor 1 Gara-Gara Wasit

Reinaldy Darius, Okezone · Minggu 20 November 2022 05:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 20 51 2710993 5-penyebab-timnas-indonesia-u-20-kalah-1-2-dari-timnas-slovakia-u-20-nomor-1-gara-gara-wasit-pQSDVi2uYQ.jpeg Timnas Indonesia U-20 kalah 1-2 dari Slovakia U-20 (Foto: PSSI)

SEBANYAK 5 penyebab Timnas Indonesia U-20 kalah 1-2 dari Timnas Slovakia U-20 akan dibahas di sini. Salah satu di antaranya adalah gara-gara wasit.

Pada Sabtu 19 November 2022 malam WIB, Garuda Nusantara – julukan Timnas Indonesia U-20 – kembali menelan kekalahan dalam uji coba di Spanyol. Usai dibantai Timnas Prancis U-20 dengan skor 0-6, kini skuad asuhan Shin Tae-yong ditaklukkan 1-2 oleh Slovakia U-20.

Timnas Indonesia U-20

Padahal, Indonesia sempat unggul lebih dulu melalui gol Rafael Struick pada babak pertama. Namun, apa penyebab Timnas Indonesia U-20 kalah 1-2 dari Timnas Slovakia U-20? Silakan simak pembahasan kami berikut ini.

Berikut 5 Penyebab Timnas Indonesia U-20 Kalah 1-2 dari Timnas Slovakia U-20

5. Belum Padu dengan Rafael Struick dan Zico Soree

Rafael Struick

Dalam laga ini, dua pemain keturunan calon dinaturalisasi, Rafael Struick dan Zico Soree, bermain untuk pertama kalinya bersama Marselino Ferdinan dan kolega. Mereka pun langsung dipercaya bermain selama 90 menit penuh.

Meskipun tampak menjanjikan, bahkan Rafael Struick sukses menyumbangkan gol. Namun tak bisa dipungkiri bahwa mereka belum padu karena baru mulai latihan dua hari sebelum laga ini digelar.

“Memang secara organisasi agak kurang karena memang tak permah latihan dengan kita tapi kemampuan individu sangat baik,” kata Shin Tae-yong seusai pertandingan.

4. Justin Hubner Kartu Merah

Justin Hubner

Justin Hubner menerima kartu merah pada menit ke-90. Memang, saat itu kedudukan sudah menguntungkan bagi Slovakia U-20.

Namun demikian, jikalau Justin Hubner tidak mendapatkan kartu merah, mungkin sesuatu bisa berjalan berbeda di menit-menit akhir. Mungkin saja, sang defender Wolverhampton Wanderers akan memiliki peranan untuk menciptakan gol penyeimbang menjadi 2-2.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Kalah Fisik

Zico Soree

Dalam wawancara seusai pertandingan, pemain keturunan Zico Soree mengakui bahwa fisik menjadi faktor penting dalam laga ini. Slovakia baru bisa mencetak gol pada menit ke-80 dan 83 ketika fisik para pemain Indonesia melemah.

“Menurutku ini game yang sulit, bagus kita bisa unggul lebih dulu 1-0. Menurutku dalam banyak kesempatan kita bermain baik, tapi juga secara fisik kita kesulitan. Menurutku kita bisa lebih baik lagi,” ucap Zico setelah laga.

2. Terlalu Ceroboh

Timnas Indonesia U-20

Dalam evaluasinya setelah laga, Shin Tae-yong mengomentari aksi para pemainnya yang terlalu mudah melakukan tekel. Hal ini menyebabkan Timnas Indonesia U-20 berisiko diganjar pelanggaran atau bahkan penalti, sebagaimana yang terjadi dalam gol penyeimbang skor untuk Slovakia.

"Masalah penalti, memang harus bisa bertahan dengan cara menunggu dan lebih stabil walaupun pemain tersebut melakukan kesalahan," kata Shin Tae-yong, dikutip dari rilis PSSI, Minggu (20/11/2022).

"Jadi, memang biasanya para pemain saat ini mereka [gampang melakukan] sliding-sliding aja dan akhirnya dikasih penalti, karna mereka merasa salah dan mau menggantikan itu, jadi harusnya tetap kontrol pemainnya dan tidak terburu-buru ke depannya," tutupnya.

1. Keberpihakan Wasit

Timnas Indonesia U-20

Selain faktor-faktor yang telah disebutkan tadi, memang perlu diakui bahwa ada sisi eksternal yang memiliki pengaruh. Keputusan wasit untuk menghadiahkan penalti untuk Slovakia ketika Indonesia U-20 unggul 1-0 terbilang merugikan.

Shin Tae-yong pun menyoroti hal ini dalam komentarnya seusai laga. Pelatih asal Korea Selatan itu mengaku tersinggung karena wasit lebih berpihak kepada Slovakia U-20.

"Lawan tim Eropa kepercayaan diri mereka meningkat, tapi agak tersinggung karena wasit memihak lawan," tutur Shin Tae-yong.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini