Share

Demi Bela Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022, Son Heung-min Siap Terjang Semua Halangan

Reinaldy Darius, Okezone · Kamis 17 November 2022 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 17 51 2709384 demi-bela-timnas-korea-selatan-di-piala-dunia-2022-son-heung-min-siap-terjang-semua-halangan-S5it8LdcG4.jpg Son Heung-min berlatih dengan topeng di sesi latihan Timnas Korea Selatan (Foto: Twitter/ChampionsLeague)

DEMI bela Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022, Son Heung-min siap terjang semua halangan. Penyerang Tottenham Hotspur itu bahkan siap mempertaruhkan risiko kesehatannya demi penggemar.

Son Heung-min berangkat ke Qatar dalam keadaan yang tidak bugar usai mengalami cedera wajah. Dia pun harus berlatih dengan menggunakan topeng untuk saat ini.

Son Heung-min

Meskipun begitu, situasi ini tidak membatasi hasratnya untuk berlaga di Piala Dunia 2022. Pemain berusia 30 tahun ini bahkan siapa mempertaruhkan kesehatannya demi tampil di turnamen bergengsi antarnegara ini.

"Saya hanya ingin memberikan kegembiraan dan harapan kepada penggemar kami. Saya lebih dari bersedia menanggung risiko itu." kata Son dalam konferensi pers di Doha, Qatar, seperti dikutip kantor berita Yonhap via Antara, Kamis (17/11/2022).

Pada Rabu 16 November 2022, Son Heung-min ikut sesi latihan pertamanya bersama Timnas Korea Selatan di Doha. Dia merupakan pemain Korea Selatan terakhir yang mendarat di Qatar.

Son Heung-min mengalami cedera patah tulang di sekitar mata dalam pertandingan Tottenham kontra Marseille, 4 November 2022. Dia pun harus menjalani operasi karena itu, namun hanya beberapa hari kemudian, eks penyerang Bayer Leverkusen ini mengaku siap untuk tampil di Piala Dunia 2022 meski harus menggunakan topeng pelindung.

Dan dia memakai topeng karbon hitam, gaya "Zorro", dalam sesi hari Rabu di Fasilitas Pelatihan Al Egla di Doha, dengan nomor bajunya, "7," ditulis dengan warna putih di sisi kiri.

Pada konferensi pers setelah sesi tersebut, Son tidak memiliki jawaban pasti atas pertanyaan di benak sebagian besar penggemar sepak bola: jadwalnya untuk kembali tampil.

"Saya bukan dokter. Sulit bagi saya untuk mengatakan kapan saya bisa bermain," kata Son, yang pertandingan Grup H pertama timnya adalah 24 November melawan Uruguay.

"Saya akan melakukan yang terbaik yang saya bisa dalam keadaan ini. Tetapi sulit bagi saya untuk mengatakan sekarang bahwa saya akan memainkan setiap pertandingan."

Son mengakui bahwa itu adalah sebuah risiko besar. Namun demikian, hal ini adalah sesuatu yang sudah seharusnya diambil oleh seorang atlet sepertinya.

โ€œDari sudut pandang penggemar, saya mungkin mendorong ini terlalu jauh. Tapi pemain sepak bola selalu bersaing di bawah risiko seperti itu," tambah Son.

Sebelumnya, Son Heung-min mengaku telah menjajal topeng tersebut dalam sesi latihan bersama Tottenham Hotspur. Dia mengatakan bahwa hal itu seharusnya tidak menjadi masalah.

Son Heung-min

Son sering mengotak-atik topengnya saat sesi Rabu, dan katanya itu karena bengkak di wajahnya terus turun.

"Awalnya saya terkejut betapa nyamannya topeng itu," kata Son. "Rasanya sedikit berbeda di sini daripada di Inggris, karena di sini lebih panas dan saya banyak berkeringat hari ini."

"Masker karbon ini sangat ringan, dan kemungkinan besar tidak akan pecah," kata Son. "Dan jika topeng pecah, itu berarti sesuatu telah terjadi pada wajah saya. Jadi saya harap itu tidak terjadi."

Bagi Son Heung-min, ini merupakan Piala Dunia ketiganya secara beruntun. Selain dirinya, ada dua pemain Korea Selatan lain yang akan merasakan kesempatan ketiganya bermain di ajang ini, yaitu kiper Kim Seung-gyu dan bek Kim Young-gwon.

"Setiap orang yang datang ke Piala Dunia ingin bermain bagus, tapi dibutuhkan lebih dari itu," kata Son. "Secara realistis, lebih penting untuk bersiap menghadapi pertandingan daripada hanya memiliki keinginan untuk bermain dengan baik. Saya tidak dapat memprediksi masa depan, tetapi saya ingin menjadikan ini Piala Dunia yang spesial dengan menggunakan setiap ons energi terakhir yang saya miliki. "

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini