Share

Bertemu Uruguay di Piala Dunia 2022, Timnas Ghana Bertekad Balaskan Dendam 12 Tahun Lalu!

Annisa Rizqi, MNC Portal · Selasa 15 November 2022 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 51 2708263 bertemu-uruguay-di-piala-dunia-2022-timnas-ghana-bertekad-balaskan-dendam-12-tahun-lalu-Wrjkj5hkL4.JPG Pelatih Timnas Ghana, Otto Addo (Foto: Reuters)

TIMNAS Ghana akan berhadapan dengan Timnas Uruguay setelah keduanya berada di satu grup yang sama pada Piala Dunia 2022. Menatap laga itu, tentunya Black Stars -julukan Timnas Ghana- memiliki motivasi tinggi mengingat perjalanan mereka di Piala Dunia 2010 lalu harus terhenti pada perempatfinal usai kalah dari La Celeste -julukan Timnas Uruguay.

Sebagaimana diketahui, pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Timnas Ghana sempat berhadapan dengan Uruguay di putaran perempatfinal. Mereka memiliki kans untuk lolos usai unggul 1-0 pada babak pertama.

Timnas Ghana

Sayangnya, Uruguay menyamakan kedudukan 1-1 dan laga berlanjut ke babak tambahan. Di babak tambahan, laga pun sempat diwarnai dengan aksi kontroversial ketika Striker Uruguay, Luis Suarez menyelamatkan gawangnya di kotak penalti dengan menggunakan tangan. Alhasil, Ghana mendapat hadiah penalti dan berpeluang untuk unggul 2-1.

Sayangnya, keuntungan tersebut gagal dimanfaatkan dengan baik karena Asamoah Gyan gagal mengeksekusi tendangan penalti. Laga pun berakhir di babak adu penalti.

Nahasnya, di adu tos-tosan ini Ghana kalah dan harus merelakan asa mereka untuk menjadi tim Afrika pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia. Tentu saja, kegagalan ini sangat membekas di benak para pemain Black Stars dan bertekad untuk melakukan balas dendam ketika nanti akan bertemu kembali.

“Saya yakin itu akan ada di benak beberapa pemain karena hal tersebut adalah pertandingan yang menentukan, tidak hanya untuk Ghana tetapi juga untuk Afrika secara keseluruhan,” kata Pelatih Timnas Ghana, Otto Addo, dikutip dari Reuters, Selasa (15/11/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

Akan tetapi, sebelum melawan Uruguay, Timnas Ghana akan menghadapi lawan-lawan kuat di Piala Dunia 2022. Ghana akan melawan Portugal di laga pembuka Grup H pada 24 November, lalu menghadapi Korea Selatan 28 November dan ditutup dengan Uruguay pada 2 Desember.

Timnas Ghana

Meski begitu, Addo tetap optimis timnya akan mampu menantang lawan-lawannya tersebut di fase Grup H. Walau tanpa pengalaman melatih tim senior sebelumnya, ia percaya timnya dapat membuat dampak yang signifikan dalam ajang Piala Dunia di Qatar.

“Kami bisa mengalahkan siapa pun. Terserah para pemain, bukan saya. Penampilan mereka yang membawa mereka sejauh ini. Mereka memiliki kualitas, dengan adanya saya atau tanpa saya,’’ ujarnya.

“Kami akan menghadapi tiga lawan kuat dan kami bisa kalah di ketiga pertandingan atau memenangkan ketiganya. Tergantung kami dan bagaimana kami beradaptasi dengan gaya main mereka, bagaimana kami menghentikan mereka dan bagaimana kamis bekerja dalam sebuah tim,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini