Share

Tragedi Kanjuruhan, Komnas HAM: Ketum PSSI Punya Kewenangan Batalkan Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya

Martin Ronaldo, MNC Portal · Rabu 02 November 2022 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 02 49 2699604 tragedi-kanjuruhan-komnas-ham-ketum-pssi-punya-kewenangan-batalkan-laga-arema-fc-vs-persebaya-surabaya-HIYxvE4Uv8.jpg Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, disebut Komnas HAM sebenarnya punya kewenangan membatalkan laga Arema FC vs Persebaya Surabaya yang berujung tragedi. (Foto: Aldhi Chandra/MNC Portal Indonesia)

JAKARTA – Komnas HAM menyebut Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, sebenarnya punya kewenangan melakukan pembatalan terhadap pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya dalam pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 yang berlangsung 1 Oktober 2022. Hal ini disampaikan kala Komnas HAM membeberkan hasil temuan dari beberapa investigasi selama satu bulan terakhir terkait tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang.

"Lebih jauh dalam spektrum yang luas dalam keselamatan dan keamanan, unsur-unsur penting dalam pertandingan Arema vs Persebaya pada 1 Oktober 2022 mengabaikan keselamatan dan keamanan,” kata Komisioner Komnas HAM, Chairul Anam, kepada wartawan di Komnas HAM, Rabu (2/11/2022).

Tragedi di laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan

BACA JUGA: Fakta Menarik dari Temuan Komnas HAM: PSSI Tak Jelaskan Aturan FIFA dalam Kerjasama dengan Kepolisian

“Atau setidak-tidaknya tidak menjadikan keselamatan dan keamanan sebagai salah satu pilar utama dalam penyelenggaraan pertandingan," sambungnya.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Sikat Timnas Moldova U-20, Begini Respons Ketum PSSI

"Ketua Umum dan Sekjen PSSI antara lain tidak mengambil langkah konkret sesuai dengan regulasi atas pertandingan dengan tensi tinggi tersebut untuk memastikan keselamatan dan keamanan," jelas Chairul Anam.

Chairul Anam pun mengatakan bahwa secara kasat mata, Ketum dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI seharusnya sudah dapat mengidentifikasi pertandingan tensi tinggi atau yang lainnya.

"Ketua Umum dan Sekjen PSSI sebenarnya memiliki kewenangan untuk menentukan ini berisiko tinggi atau tidak dan mengambil tindakan, termasuk membatalkan pertandingan,” jelas Chairul Anam.

Tragedi di laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan

“Tapi, itu tidak diambil walau dia punya kewenangan dan informasi. Kenapa kami bisa pastikan punya informasi, secara formal, surat Kapolres cc-nya ke Ketua Umum PSSI," tegasnya.

Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang, 1 Oktober 2022 sendiri diketahui berakhir dengan kericuhan. Ratusan orang meninggal dunia dalam tragedi tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini