Share

4 Pemain Naturalisasi PSM yang Ternyata Minim Kontribusi, Nomor 1 Lulusan Ajax Amsterdam

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Senin 31 Oktober 2022 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 31 49 2697997 4-pemain-naturalisasi-psm-yang-ternyata-minim-kontribusi-nomor-1-lulusan-ajax-amsterdam-fMDSinsblC.jpg 4 pemain naturalisasi PSM yang ternyata minim kontribusi (Foto: Twitter/psm_makassar)

SEBANYAK 4 pemain naturalisasi PSM yang ternyata minim kontribusi menarik untuk dibahas. Salah satu di antaranya adalah lulusan Ajax Amsterdam.

Tak sedikit klub yang ada di Tanah Air melakukan rekrut kepada pemain naturalisasi. Umumnya, dengan skill yang dimiliki para pemain naturalisasi kerap diandalkan tim.

PSM Makassar

Sayangnya, ada beberapa klub yang justru memiliki pemain asing dengan minim kontribusi, seperti PSM. Lantas, siapa saja pemain naturalisasi PSM yang ternyata minim kontribusi? Untuk mengetahuinya, simak ulasan okezone berikut ini.

4 Pemain Naturalisasi PSM yang Ternyata Minim Kontribusi

4. Guy Junior

Guy Junior

Pada Liga 1 musim 2018, PSM Makassar diketahui memperkuat lini depan dengan mendatangkan Guy Junior. Pemain asal Kamerun itu direkrut untuk setelah Ferdinand Sinaga yang memilih hengkang ke Kelantan FA (Malaysia).

Penyerang berusia 36 tahun itu memperkuat PSM selama dua musim. Namun, ia lebih banyak bermain sebagai pemain pelapis dengan catatan waktu bermain 3.343 menit. Dari 54 laga yang dimainkannya, Guy berhasil mencetak 13 gol dan empat assist.

Hanya saja, pada musim 2020 PSM tak memperpanjang kontraknya, dan kini ia membela Sriwijaya FC.

3. Osas Saha

Osas Saha

Osas Saha didatangkan manajemen PSM Makassar pada awal musim 2020. Mantan penyerang Persija Jakarta itu direkrut untuk memperkuat lini depan.

Sayangnya pemain 36 tahun itu hanya bermain sebanyak 8 laga dengan masing-masing tiga laga di Liga 1 dan lima laga di AFC Cup.

Dari 8 laga tersebut Osas Saha bermain 3 laga sebagai pengganti dan 3 laga digantikan. Dengan begitu, pemain naturalisasi berdarah Nigeria ini hanya bermain penuh dua laga dan terhitung bersama PSM hanya selama 3 bulan saja.

2. Donald Bissa

Donald Bissa

Pecinta kulit bundar Tanah Air mungkin tak asing dengan Donald Bissa. Pemain naturalisasi asal Pantai Gading itu tercatat pernah sukses membawa Manaw Myay FC yang bermain di kasta kedua Myanmar National League (MNL) menjadi juara dan promosi ke MNL 2017.

Saat berlaga di MNL, penyerang satu ini mampu mengemas 34 gol dalam satu musim, sekaligus menjadi pemain tersubur MNL 1 2016. Hanya saja hal itu berbanding terbalik bersama PSM pada musim ini, pemain berusia 30 tahun itu baru bermain empat laga sebagai pemain pengganti dan belum mencetak gol atau pun menyumbang assist sama sekali.

1. Ezra Walian

Ezra Walian

Penyerang berusia 25 tahun ini didatangkan PSM pada 7 September 2019. Kala itu Ezra Walian dikontrak selama 3,5 tahun dengan waktu habis kontrak Februari 2023.

Sayangnya pemain kelahiran Belanda ini hengkang pada musim 2021 sebab PSM dilaporkan sedang mengalami krisis keuangan saat itu. Dua musim bersama PSM, mantan penyerang Ajax ini hanya bermain 19 laga dengan torehan tiga gol dan sebuah assist.

PSM di ajang AFC Cup 2020 tak bisa memainkan Ezra lantaran tersandung regulasi. Ia bahkan masih dianggap bukan pemain yang terdaftar di PSSI meski telah berganti kewarganegaraan dari Belanda ke Indonesia sejak Mei 2017.

Pada saat itu, FIFA dan AFC belum mendapat laporan perpindahan berkas Ezra dari federasi Belanda, KNVB, ke PSSI.

Itulah 4 pemain naturalisasi PSM yang ternyata minim kontribusi yang tak banyak diketahui pecinta bola. Semoga bermanfaat!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini