Share

Jelang Piala Dunia 2022, Neymar Jr Terancam Hukuman Penjara 5 Tahun karena Dugaan Kasus Korupsi

Cikal Bintang, MNC Portal · Jum'at 14 Oktober 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 14 51 2686909 jelang-piala-dunia-2022-neymar-jr-terancam-hukuman-penjara-5-tahun-karena-dugaan-kasus-korupsi-sJRNCIc2bR.jpg Neymar Jr terancam penjara jelang Piala Dunia 2022. (Foto: Instagram/@neymarjr)

JELANG Piala Dunia 2022, winger Timnas Brasil, Neymar Jr, justru terancam hukuman penjara karena dugaan kasus korupsi. Rencananya pada minggu depan, Neymar Jr diwajibkan hadir di pengadilan yang ada di Barcelona untuk menyelesaikan kasus ini.

Lantas, kasus korupsi apa yang dimaksud? Neymar Jr masih terbelenggu dugaan kasus penipuan dan korupsi dalam proses transfernya ke Barcelona dari Santos pada 2013.

Neymar Jr

(Neymar Jr saat memperkuat Barcelona)

Kasus itu memasuki babak baru dan Neymar Jr akan diadili pekan depan. Proses perpindahan Neymar Jr ke Barcelona pada musim panas 2013 memang bermasalah.

Perusahaan investasi asal Brasil, DIS, merasa dirugikan karena menerima uang yang lebih sedikit dari seharusnya. Kasus ini berawal dari pengaduan DIS, yang mengklaim memiliki 40 persen atas Neymar Jr ketika sang pemain masih membela Santos.

Namun, mereka kehilangan haknya dari nilai transfer tersebut karena diduga ‘dikecilkan’. Barcelona mengatakan saat kepindahan Neymar Jr angka transfer adalah 57,1 juta euro (Rp856 miliar), di mana 40 juta euro (Rp601 miliar) dibayarkan kepada keluarga Neymar. DIS menerima 40 persen bagian dari sisa 17,1 juta euro (Rp255 miliar) yang dibayarkan kepada Santos.

"Hak Neymar belum dijual kepada penawar tertinggi. Ada klub yang menawarkan hingga 60 juta euro (Rp901 miliar),” kata pengacara DIS Paulo Nasser, dilansir dari ESPN, Jumat (14/10/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

Neymar Jr sejatinya sudah menepis tuduhan ini, namun ia kalah dalam banding di Pengadilan Tinggi Spanyol pada 2017. Karena itu, Neymar Jr harus menjalani persidangan lanjutan atas kasus ini. Kabarnya, DIS menuntut lima tahun penjara untuk menghukum Neymar Jr.

Timnas Brasil

Tak hanya Neymar Jr, para terdakwa yang merupakan orangtua dan mantan petinggi Barcelona juga dibawa ke persidangan. Beberapa di antaranya Josep Maria Bartomeu, Sandro Rossell, dan mantan Presiden Santos, Odilio Rodrigues.

Semuanya akan digiring ke persidangan di Barcelona, Spanyol pada Senin 17 Oktober 2022 waktu setempat. Neymar Jr harus hadir dalam persidangan itu. Akan tetapi, belum diketahui apakah sang pemain diminta tinggal di Barcelona selama proses persidangan yang berlangsung dua Minggu tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini