Share

5 Pemain Top Indonesia yang Pensiun Dini di Usia Muda, Nomor 1 Terjun ke Dunia Politik

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Jum'at 07 Oktober 2022 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 49 2682872 5-pemain-top-indonesia-yang-pensiun-dini-di-usia-muda-nomor-1-terjun-ke-dunia-politik-96bH61r3PL.jpg 5 Pemain Top Indonesia yang Pensiun Dini di Usia Muda. (Foto: Kemenpora)

5 Pemain top Indonesia yang pensiun dini di usia muda menarik untuk dibahas. Berkarier sebagai pesepakbola tentunya tak semudah kelihatannya.

Sepakbola yang merupakan olahraga keras ini membutuhkan fisik dan stamina yang bagus. Pasalnya, tak jarang para pemain saling beradu fisik.

Karena hal itu, banyak beberapa pemain yang memutuskan pensiun lebih cepat. Ada yang pensiun karena memang cedera, namun ada juga karena faktor lain. Lantas siapa saja pesepakbola muda Indonesia yang pensiun dini?

Berikut 5 Pemain Top Indonesia yang Pensiun Dini di Usia Muda:

5. Mohammad Nasuha

Mohammad Nasuha

Muhammad Nasuha merupakan mantan pemain sepakbola Indonesia yang memiliki kualitas bagus. Selain bermain di level klub, Nasuha juga sempat dipanggil untuk membela Timnas Indonesia.

Sayangnya, nasib malang hinggap pada Nasuha di tengah puncak kariernya. Kala itu, Nasuha yang tergabung bersama klub Persib Bandung di Liga Super Indonesia musim 20102011 harus mengalami cedera lulut.

Cedera lutut sebenarnya umum terjadi pada pemain sepakbola. Namun, cedera lutut yang dialami Nasuha membuatnya harus pensiun dini.

4. Zaenal Arief

Zaenal Arief (Persib)

Nama Zaenal Arief di era 2006-2009 begitu viral karena membela Persita Tangerang. Kala itu ia bahkan bisa mengoleksi 44 gol dari 48 pernampilan bersama Pendekar Cisadane.

Zaenal Arief juga sempat diberi kepercayaan untuk membela Timnas Indonesia di era 2000-an. Meski kariernya di dunia kulit bundar cukup menjanjikan, rupanya pada 2014 Arief memutuskan gantung sepatu dan berpindah profesi sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) di Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung.

3. Mauly Lessy

Stoper asal Ambon yang lahir pada 7 Agustus 1975 pernah menjadi andalan lini belakang skuad Garuda di Piala AFF 2004. Bersama Charis Yulianto dan Jack Komboy, ia mampu memperkuat pertahanan Timnas Indonesia.

Kariernya dalam level klub juga terbilang apik. Ia tergabung bersama Persipura dan berhasil membawa klub ini meraih gelar Liga Indonesia 2005. Namun, kariernya harus terhenti ketika ia mengalami cedera lutut pada musim 2007-2008 diusianya yang menginjak 33 tahun.

2. Wahyu Wijiastanto

Wahyu Wijiastanto

Mantan bek Timnas Indonesia ini memutuskan gantung sepatu di usianya yang menginjak 35 tahun. Pesepakbola yang pernah membela Persis Solo, Persiba Bantul, dan Semen Padang ini kembali ke kampungnya di Karanganyar untuk menjadi peternak lele.

1. Jack Komboy

Jack Komboy

Pemain hebat asal Papua, Jack Komboy, pernah memilik karier yang terbilang moncer di dunia sepakbola Tanah Air. Ia tak hanya bermain untuk Persipura Jayapura dan PSM Makassar, namun juga bermain di Timnas Indonesia.

Namun pada 2010 ia membelokkan kariernya dengan terjun ke dunia politik. Padahal saat itu performa Komboy masih dinilai apik.

Demikian 5 Pemain Top Indonesia yang Pensiun Dini di Usia Muda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini