Share

Tak Masuk Tim Investigasi, AFC dan FIFA Hanya Akan Bahas Tragedi Kanjuruhan di Jakarta

Andri Bagus Syaeful , MNC Portal · Kamis 06 Oktober 2022 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 51 2681773 tak-masuk-tim-investigasi-afc-dan-fifa-hanya-akan-bahas-tragedi-kanjuruhan-di-jakarta-bwN98rESiV.jpg Kerusuhan pascalaga Arema FC vs Persebaya Surabaya (Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto)

TAK masuk tim investigasi, Federasi Sepakbola Asia (AFC) dan Sepakbola Dunia (FIFA) hanya akan berkunjung ke Jakarta untuk membahas tragedi Kanjuruhan. Wakil Sekretaris Jedral (Sekjen) PSSI, Maaike Ira Puspita mengatakan FIFA dan AFC datang bukan untuk masuk ke tim investigasi.

Sebagaimana diketahui, Tragedi Stadion Kanjuruhan terjadi usai laga Liga 1 antara Arema FC dan Persebaya, Sabtu 1 Oktober 2022. Dalam laga tersebut, Arema FC menelan kekalahan 2-3 atas Persebaya Surabaya.

Karena kekalahan itu, Aremania yang kecewa pun turun ke lapangan untuk melampiaskan rasa kekecewaannya. Namun, nahas tim pengamanan melakukan tembakkan gas air mata yang menyebabkan suporter panik dan berdesak-desakan untuk keluar dari Stadion.

Hal tersebutlah yang diyakini menjadi faktor banyaknya korban berjatuhan. 125 orang meninggal dunia diperkirakan dari tragedi tersebut. FIFA dan AFC pun sontak menyoroti hal tersebut.

BACA JUGA:Momen Mengharukan Pelatih Guam Setelah Tahan Timnas Malaysia U-17: Ini Poin Pertama Kami dalam Sejarah!

Maaike Ira Puspita menyatakan kunjungan kedua federasi itu dalam waktu dekat. Namun, dirinya belum bisa memastikan secara pastinya.

"Itupun belum tahu kapan. AFC rencananya hanya dua hari," kata Maaike Ira Puspita kepada wartawan, Rabu (5/10/2022).

Menurutnya, kunjungan FIFA dan AFC sudah pasti akan lebih dahulu ke Jakarta. Akan tetapi, belum bisa ditentukan akan berlanjut ke Malang atau tidak.

Arema FC

"FIFA ke Jakarta dulu kok, AFC juga. Mereka belum tentu ke Malang," ucapnya.

Maaike Ira Puspita mengatakan sampai saat ini komunikasi antar PSSI dengan FIFA dan AFC memang terus berlangsung. Sebab, pihaknya cukup terbuka menerima berbagai masukan dari kedua federasi itu.

"Kami memang sedang penjajakan untuk meminta konsultan ke FIFA. Akan tetapi, bukan untuk masuk ke dalam investigasi. Jadi, biar tahu kondisi Stadion Kanjuruhan seperti apa," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini