Share

Profil Akhmad Hadian Lukita, Dirut PT LIB yang Ditetapkan sebagai Tersangka Insiden Stadion Kanjuruhan

Hakiki Tertiari , Okezone · Kamis 06 Oktober 2022 20:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 49 2682198 profil-akhmad-hadian-lukita-dirut-pt-lib-yang-ditetapkan-sebagai-tersangka-insiden-stadion-kanjuruhan-wtxLTKoCdS.jpg Profil Akhmad Hadian Lukita yang ditetapkan sebagai tersangka tragedi Stadion Kanjuruhan (Foto: PT LIB)

PROFIL Akhmad Hadian Lukita, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang ditetapkan sebagai tersangka akan diulas dalam artikel ini. Seperti diketahui, Akhmad Hadian Lukita resmi ditetapkan sebagai tersangka tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang yang terjadi pada Sabtu, 1 Oktober 2022 malam WIB.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Kamis (6/10/2022). Akhmad Hadian Lukita merupakan satu dari enam tersangka lainnya usai tragedi Stadion Kanjuruhan.

PT Liga Indonesia Baru

Adapun kelima tersangka lainnya adalah Saudara AH (Ketua panpel pelaksana pertandingan), Saudara SS (security officer), Wahyu SS (Kabag Ops Polres Malang), Saudara H (Brimob Polda Jatim) melakukan perintah penembakan, Saudara BSA (Kasat Samapta Polres Malang).

Akhmad Hadian Lukita sendiri ditunjuk sebagai Dirut PT LIB melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 2020 silam. Akhmad Hadian Lukita menggantikan posisi Cucu Somantri, yang secara resmi mengundurkan diri sebagai Dirut PT LIB pada 19 Mei 2020 silam.

Akhmad Hadian Lukita menjadi Dirut PT LIB keempat sampai saat ini. Sebelumnya posisi itu di tempati oleh Berlinton Siahaan (2017-2019), Dirk Soplanit (2019), dan Cucu Somantri (2020).

BACA JUGA:Kapolri Umumkan 6 Tersangka Insiden Stadion Kanjuruhan, Ada Dirut PT LIB hingga Panpel Arema FC 

Akhmad Hadian Lukita memang dikenal sebagai seorang profesional di bidang olahraga selama 15 tahun terakhir. Selain itu pria kelahiran Maret 1965 itu memang menekuni sejumlah bidang, di antaranya Konsultan Teknologi Informasi, Telekomunikasi, Manajemen, hingga Energi.

Di bidang olahraga sendiri Akhmad Hadian Lukita pernah dipercaya sebagai Presiden Indonesia Formula One (F1) Society pada 1999. Selain itu, pria 57 tahun tersebut juga pernah tercatat sebagai salah Direktur Utama Pengembangan Unit Bisnis di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2012.

Akhmad Hadian Lukita

Sejak dipercaya menjadi Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita pun menaungi kompetisi di Indonesia, yaitu Liga 1 dan Liga 2. Saat ini ia resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Kapolri atas tragedi Stadion Kanjuruhan, yang menewaskan ratusan korban jiwa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini