Share

Tragedi Berdarah Estadio Nacional Peru, Sejarah Terparah Sepakbola Dunia

Cita Zenitha, MNC Portal · Rabu 05 Oktober 2022 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 51 2681211 tragedi-berdarah-estadio-nacional-peru-sejarah-terparah-sepakbola-dunia-5tixQ3EkQ2.jpg Traged Berdarah Estadion Nacional Peru, Sejarah Terparah Sepakbola Dunia. (Foto: Sportskeeda)

TRAGEDI berdarah Estadio Nacional Peru, sejarah terparah sepakbola dunia akan dibahas pada artikel kali ini. Sepakbola dunia berduka sedalam-dalamnya atas strategi tersebut.

Dunia sepakbola tidak pernah lepas dari berbagai hal yang menjadi cerita bersejarah turun-temurun. Jika berbicara tragedi terparah sepakbola dunia mungkin tragedi sepakbola Peru tidak luput dari topik pembahasan.

Bagaimana tidak? Pada tragedi Estadio Nacional Peru ratusan orang meninggal dunia karena kericuhan antar suporter Peru yang tidak terima dengan keputusan wasit. Berikut Okezone akan mengulas tragedi berdarah Estadio Nacional Peru, sejarah terparah sepakbola dunia.

Tragedi terparah di sepakbola

Tragedi Berdarah Estadio Nacional Peru, Sejarah Terparah Sepakbola Dunia

Tragedi berdarah sepakbola Peru tepatnya terjadi tanggal 24 Mei 1964 pada kualifikasi Olimpiade Jepang 1964 grup Amerika Selatan yang mempertemukan Peru dan dan Argentina. Pada pertandingan yang mempertemukan kedua negara tersebut, stadion penuh sesak karena dihadiri 53.000 suporter dari masing-masing negara.

Kericuhan bermula ketika wasit tidak menerima gol yang diciptakan oleh pemain Peru. Tentu saja keputusan itu mengundang kemarahan dari suporter Peru. Dua orang suporter Peru secara tiba-tiba turun kelapangan berniat ingin menghajar wasit.

Polisi datang menghadang kemudian memukul dan menendang suporter yang masuk kelapangan. Melihat hal itu suporter yang hadir membalas perlakukan polisi dengan melempari berbagai benda yang ada di sekitar mereka.

Melihat massa yang semakin ricuh membuat polisi menembakan gas air mata. Masa pun berhamburan dan berusaha keluar dari stadion dengan berdesak-desakan.

Kerusuhan tidak hanya terjadi di dalam stadion tetapi di luar stadion. Masa membakar ban, mobil polisi dan menghancurkan bangunan yang ada di sekitar stadion.

Tragedi di Estadio Nacional, Peru (The Guardian)

Dari kejadian tersebut diketahui korban tewas resmi mencapai 328 orang tewas dan 500 luka-luka. Angka tersebut bisa lebih banyak dari yang diperkirakan karena masih banyak korban tidak terdeteksi. Ada begitu banyak saksi mata yang melihat korban berjatuhan di dalam dan di luar stadion.

Korban yang tewas diperkirakan karena sesak nafas, terinjak-injak, terbentur dan tertembak oleh polisi.

Demikian tragedi berdarah Estadio Nacional Peru, sejarah terparah sepakbola dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini