Share

Posisi Badan saat Menendang Bola dengan Kaki Bagian Dalam

Salma Sita Rosulina, Okezone · Senin 03 Oktober 2022 22:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 51 2680046 posisi-badan-saat-menendang-bola-dengan-kaki-bagian-dalam-vifuDC7TvN.jpg Posisi badan saat menendang bola dengan kaki bagian dalam. (Foto: Instagram/@cristiano)

POSISI badan saat menendang bola dengan kaki bagian dalam menarik dikulik. Sebab, dengan memosisikan badan dengan tepat, tendangan pada bola bisa lebih optimal.

Ya, dalam permainan sepakbola, menendang adalah satu gerakan teknik dasar. Selain itu, menendang adalah gerak dominan yang sangat dibutuhkan untuk bermain sepakbola.

Ilustrasi sepakbola

Tujuan dari menendang dalam sepakbola sendiri beragam. Mulai dari memberikan bola kepada teman, menembak, serta memasukkan ke dalam gawang lawan.

Menendang sendiri dalam sepakbola memiliki beberapa jenis, di antaranya menendang dengan kaki bagian dalam, dengan kaki bagian luar, dan dengan punggung kaki. Dalam setiap jenis itu, ada teknik serta caranya tersendiri agar tendangan dapat berjalan dengan baik.

BACA JUGA: Cara Memilih dan Merawat Sarung Tangan Kiper

Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana posisi badan dalam melakukan tendangan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam. Adapun dalam melakukan tendangan bola, sangat mempengaruhi pada hasil tendangannya.

BACA JUGA: 5 Legenda Bola yang Sukses sebagai Pemain dan Pelatih, Nomor 1 Juarai Piala Dunia

Menurut Sukma Aji (2016) dalam bukunya, posisi badan pada saat menendang bola dengan kaki bagian dalam, yaitu dengan tubuh yang dicondongkan ke depan sesuai dengan mengikuti arah gerakan.

Namun, dalam menendang bola dengan jarak yang pendek, badan hanyak cukup berdiri tegak dengan kaki sebagai tumpuan. Apabila menendang bola dengan jarak jauh, posisi badan diawali dengan kaki tumpuan siap dengan sikap kuda-kuda dan simpan di samping bola.

Lalu, badan condongkan sedikit ke arah depan supaya tubuh dapat seimbang. Anda juga bisa menambah kekuatan dilanjut dengan menendang bola sekuat mungkin sesuai dengan arah target tendangan bola.

Selain itu, ada juga teknik dasar dalam menendang bola dengan kaki bagian dalam. Biasanya dengan teknik ini, tendangan dihasilkan selalu mendatar dan juga hasil tendangannya selalu terarah.

Berikut cara menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam:

1. Badan diposisikan menghadap ke arah sasaran, dan bola disimpan sedikit di depan kaki.

2. Kaki yang dijadikan tumpuan ditempatkan lebih dari 15 cm di samping bola.

3. Ujung kaki dihadapkan ke sasaran dan lutut pada kaki yang menjadi tujuan sedikit ditekuk.

4. Untuk kaki yang akan melakukan tendangan, ditarik dulu ke arah belakang bertujuan untuk melakukan ancang-ancang ke depan sampai mengenai bola.

5. Penempatan penekanan bola, yaitu di antara mata kaki bagian dalam sampai ujung dari ibu jari kaki.

6. Pergelangan kaki sedikit dibuat tegang pada saat mengenai bola.

7. Adapun gerak lanjutan (follow-up) diangkatnya kaki sampai ke sasaran.

8. Lalu. pandangan mata fokus ke arah bola lalu diteruskan ke sasaran.

9. Untuk menjaga keseimbangan. kedua tangan di buka di samping badan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini