Share

Shin Tae-yong Sampaikan Belasungkawa atas Insiden Berdarah di Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya

Andika Rachmansyah, MNC Portal · Senin 03 Oktober 2022 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 49 2679544 shin-tae-yong-sampaikan-belasungkawa-atas-insiden-berdarah-di-laga-arema-fc-vs-persebaya-surabaya-oi6iJgFee2.jpg Shin Tae-yong mengucapkan belasungkawa atas insiden di laga Arema FC vs Persebaya. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

PELATIH Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyampaikan rasa belasungkawa atas insiden yang menewaskan 125 orang di laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pada Sabtu, 1 Oktober 2022 malam WIB. Shin Tae-yong terpukul dengan kepergian banyaknya suporter kelar Derby Jawa Timur tersebut.

“Belasungkawa untuk korban tragedi di Stadion Kanjuruhan,” kata Shin Tae-yong di akun Instagram pribadinya, @shintaeyong7777, Senin (3/10/2022).

Shin Tae-yong

Kerusuhan pecah di Stadion Kanjuruhan setelah Persebaya Surabaya menang 3-2 atas Arema FC. Karena kekalahan tersebut, Aremania –sebutan untuk suporter Arema FC– merangsek masuk ke lapangan sehingga membuat aparat keamanan bereaksi untuk meredam para suporter.

Saat itu, aparat keamanan menembakkan gas air mata ke tribun penonton, yang jelas-jelas seharusnya bukan mereka sasarannya. Tindakan itu sebenarnya salah karena FIFA melarang penggunaan gas air mata untuk mengamankan massa di dalam stadion.

Sontak, para penonton yang berada di tribun panik, berlarian, sesak nafas dan terinjak-injak saat ingin keluar dari stadion. Karena kejadian itu, ratusan nyawa pun harus melayang.

Menurut keterangan resmi yang diberikan pihak kepolisian, sejauh ini terdata 125 orang meninggal dunia akibat insiden tersebut. Atas insiden tragis itu, tentu saja akan berdampak buruk kepada sepakbola Indonesia. Bukan tidak mungkin FIFA akan memberikan sanksi.

Namun, kita harap sanksi itu tidak akan berdampak kepada Timnas Indonesia, melainkan cukup kepada tim-tim di Liga 1. Pasalnya, saat ini Timnas Indonesia sedang dalam tren positif.

Follow Berita Okezone di Google News

Shin Tae-yong membawa Skuad Garuda baik di level senior maupun U-20 menembus Piala Asia 2023. Karena itu, sangat disayangkan jika kejadian ini akan berdampak kepada Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong

Satu lagi, Indonesia juga bertugas sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Jangan sampai karena kejadian di atas, status tuan rumah Indonesia dicabut FIFA.

Terlepas dari itu, pemerintah telah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF). TGIPF dipimpin Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, guna mengungkap insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan.

Untuk Liga 1 2022-2023 saat ini diberhentikan untuk sementara waktu. Dalam keterangannya, PT LIB selaku operator liga menunda seluruh pertandingan selama satu pekan atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, jawa Timur. Namun, presiden Jokowi meminta kompetisi dihentikan hingga evaluasi dan prosedur pengamanan ditingkatkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini