Share

Media Inggris Ikut Laporkan Kabar 127 Orang Meninggal Dunia di Kerusuhan Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Minggu 02 Oktober 2022 05:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 02 49 2678967 media-inggris-ikut-laporkan-kejadian-kerusuhan-pasca-laga-arema-fc-vs-persebaya-surabaya-i8i62gzGVI.jpeg Media Inggris ikut memberitakan kabar kerusuhan pasca laga Arema FC vs Persebaya Surabaya. (Foto: Avirista Midaada/MPI)

LONDON - Media asal Inggris, Mirror, ikut memberitakan kabar kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang pada laga yang mempertemukan Arema FC vs Persebaya Surabaya. Tentu kerusuhan laga itu akan menarik perhatian dunia mengingat ada 127 korban yang dipastikan meninggal dunia.

Seperti diketahui, kerusuhan pecah setelah Singo Edan -julukan Arema FC- kalah dari musuh bebuyutannya itu dengan skor 2-3 di Stadion Kanjuruhan pada pekan ke-11 Liga 1 2022-2023, Sabtu 1 Oktober 2022. Seketika ratusan suporter tumpah ruah ke dalam lapangan.

Kerusuhan menjadi-jadi saat para suporter itu harus bentrok dengan pihak kepolisian yang mencoba membuyarkan massa yang masuk ke area stadion. Insiden itu terbilang parah karena berdasarkan informasi terakhir, sebanyak 127 orang menjadi korban jiwa.

kericuhan Arema vs Persebaya diberitakan media Inggris, Mirror

Insiden itu menjadi highlight di media Inggris itu dengan judul “Puluhan Penggemar Sepakbola Tewas dalam Kerusuhan Massal yang Melibatkan Gas Air Mata hingga Liga Ditangguhkan”.

Ya, media asal Inggris itu menyoroti imbas dari insiden pascalaga Arema vs Persebaya. Seperti penyelenggara Liga 1 dalam hal ini PT LIB, resmi menghentikan sementara Liga 1 2022-2023 selama satu pekan.

Tak hanya itu, hukuman PSSI yakni melarang Arema FC menggelar laga kandang hingga sisa musim juga menjadi sorotan.

Kemudian Mirror juga mengutip pernyataan resmi dari banyak pihak terkait insiden ini. Mulai dari pihak Persebaya Surabaya, PSSI, hingga PT LIB. Tak ketinggalan dipaparkan juga kronologis dari kejadian tersebut.

Berita yang juga tersebar di media sosial tersebut turut dikomentari para pembaca luar negeri. Termasuk salah satu komentator ESPN dari Amerika Serikat Ian Darke.

kericuhan Arema vs Persebaya diberitakan media Inggris, Mirror

“Ini adalah berita yang sangat mengganggu,” tulis Darke di Twitter.

Banyak juga yang prihatin dengan jumlah suporter yang meninggal dunia. Terutama saat mengetahui bahwa korban juga terdiri dari perempuan dan anak-anak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini