Share

Arema FC vs Persebaya Surabaya: Bajul Ijo Tak Gentar Hadapi Teror Aremania di Stadion Kanjuruhan

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 01 Oktober 2022 03:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 49 2678569 arema-fc-vs-persebaya-surabaya-bajul-ijo-tak-gentar-hadapi-teror-aremania-di-stadion-kanjuruhan-6gmybVw2ix.jpg Persebaya Surabaya siap bertandang ke markas Arema FC. (Foto: Instagram/officialpersebaya)

MALANG - Persebaya Surabaya dipastikan siap bertamu ke markas Arema FC dalam laga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 pada Sabtu (1/10/2022) pukul 20.00 WIB. Kendati demikian, tim berjuluk Bajul Ijo itu dikabarkan tidak gentar menghadapi teror dari pendukung Arema, yakni Aremania yang nantinya bakal memenuhi Stadion Kanjuruhan.

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso pun tak mempermasalahkan anak asuhnya harus mendapatkan tekanan dari puluhan ribu Aremania, bahkan bisa jadi ada teror di luar lapangan sebelum dan sesudah pertandingan. Namun hal itu telah diantisipasi Aji setelah melawan RANS Nusantara FC, dengan menyiapkan mental dan taktik ekstra ke pemainnya.

"Jadi pemain saya sudah sangat siap menghadapi Arema, meksipun akan banyak suporter yang datang. Justru Saya sampaikan ke pemain saya, harus senang kalau suporternya banyak, saya lebih senang suporter datang semua ke lapangan," ucap Aji Santoso saat konferensi pers, Sabtu (1/10/2022).

Menurut Aji, jika tak ada penonton pertandingan justru akan hambar, bahkan ketika pemain bermain cukup bagus tak ada kejutan dan greget yang didapatkan. Maka sepakbola dengan suporter adalah seni yang sama-sama saling mengisi.

"Kalau pemain-pemain itu tidak ditonton orang banyak, mereka melakukan aksi-aksi yang spektakuler nggak ada yang suprise, nggak ada seninya di sepakbola. Jadi saya brand washing mereka supaya banyaknya suporter justru mereka lebih enjoy bermain," sambung Aji.

Dengan begitu, pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang itu menyebutkan kehadiran Aremania akan menjadi motivasi baginya untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Persebaya. Namun kunci semuanya disebutnya tetaplah pada pemain - pemain di lapangan.

"Saya sampaikan sama ketika zaman saya main, banyak penonton Justru lebih suka, kalau nggak ada penonton juga kita kurang gairah. Saya jadikan kehadiran ribuan Aremania besok di stadion justru akan jadi motivasi buat pemain-pemain saya. Tinggal bagaimana pemain-pemain mengatasi tekanan itu dan itu yang juga saya sampaikan," tambahnya.

Hal serupa disampaikan bek tengah Persebaya Surabaya Rizky Ridho, yang mengaku kehadiran Aremania di stadion justru akan menimbulkan motivasi baginya dan para pemain lain. Rizky menilai, jika ada tekanan bagi Persebaya oleh Aremania adalah hal lumrah dan normal dalam sepakbola.

Aji Santoso

"Memang ini pertandingan yang sangat bergengsi buat Persebaya dan Arema, tentunya kita main away banyak tekanan dari suporter itu normal dalam sepakbola. Itu normal saja, seperti biasanya," kata Rizky Ridho.

Bahkan pesepakbola Timnas Indonesia ini juga tak takut bila harus mendapat teror di luar lapangan yang biasanya didapat para rival saat berada di Malang.

"(Teror di dalam dan luar stadion) Normal-normal saja, karena ini rivalitas yang bergengsi juga, mungkin mereka mau kasih tekanan bagi kita, tergantung kita responnya bagaimana, tapi normal-normal saja," tutup Rizky.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini