Share

Sabarnya Wasit Laga Timnas Indonesia vs Curacao, Dibentak Pemain Curacao Malah Mundur

Djanti Virantika, Okezone · Kamis 29 September 2022 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 51 2677461 sabarnya-wasit-laga-timnas-indonesia-vs-curacao-dibentak-pemain-curacao-malah-mundur-T0SrN9txvM.jpg Laga Timnas Indonesia vs Timnas Curacao. (Foto: PSSI)

WASIT dalam laga kedua Timnas Indonesia vs Curacao ramai jadi sorotan. Bukan hanya karena keputusan yang dibuatnya, netizen juga bahkan menyosoti kesabaran sang wasit selama memimpin laga, terutama kala dibentak pemain Curacao.

Ya, duel sengit tersaji dalam pertemuan Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa 27 September 2022 malam WIB. Dalam laga itu, Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- kembali meraih kemenangan dengan skor 2-1.

Timnas Indonesia vs Timnas Curacao

Gol-gol Timnas Indonesia dalam laga itu dilesakkan oleh Dimas Drajad pada menit ketiga dan Dendy Sulistyawan (87’). Sementara itu, satu-satunya gol Curacao dicetak Jeremy Antonisse pada menit 47.

Usai laga, sejumlah pihak menyoroti kinerja wasit. Pelatih Timnas Curacao, Remko Bicentini, bahkan melempar kritik keras atas kinerja wasit asal Laos, Xaypaseth Phongsanit, karena dinilai terlalu sering menghentikan pertandingan.

BACA JUGA: Setelah Kalahkan Curacao, Timnas Indonesia Diminta Turunkan Brasil dari Peringkat 1 Dunia!

“Saya pikir ada beberapa keputusan wasit, ya, Anda pasti paham maksud saya (sambil tertawa),” ujar Remko Bicentini, dalam konferensi pers pascalaga beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Media Vietnam Soroti Calon Pengganti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23, Pelatih asal Korea Selatan Dibawa-bawa!

“Ketika kami ingin main cepat, tapi selalu saja laga dihentikan wasit. Tidak ada alasan untuk kalah dalam pertandingan, tapi itu tidak bagus untuk pertandingan,” sambungnya.

“Kita tahu, banyak orang di sini, di stadion, mereka sangat senang, sangat bangga dengan tim, tapi secara normal. Saya pikir jika kita bisa bermain normal, itu bakal bagus juga untuk publik,” jelas Bicentini.

“Tapi, saya jadi paham jika terkadang level kompetisi di sini kerap tampak di pertandingan,” lanjut pelatih yang membantu Kanada lolos ke Piala Dunia 2022 ini.

Namun, Xaypaseth Phongsanit tak hanya mendapat kritikan kala memimpin laga Timnas Indonesia vs Curacao. Ada juga pihak yang mengapresiasi kinerjanya.

Bahkan, sejumlah netizen Tanah Air menilai Xaypaseth Phongsanit bersikap sangat sabar kala memimpin laga kedua Timnas Indonesia vs Curacao di FIFA Matchday September 2022 itu. Dalam sebuah cuplikan, bahkan Xaypaseth Phongsanit malah terlihat sampai bergerak mundur kala dibentak pemain Curacao usai memberi kartu kuning.

Wasit Timnas Indonesia vs Curacao

“Sabar banget wasitnya dibacotin sama Curacao,” tulis netizen dalam sebuah unggahan di media sosial.

“Jadi kasian sama wasitnya,” tulis netizen lain.

“Wasitnya sabar banget, kalem,” puji netizen lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini