Share

Jelang Arema FC vs Persebaya Surabaya, Begini Pujian Javier Roca untuk Aji Santoso

Avirista Midaada, Okezone · Senin 26 September 2022 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 49 2675124 jelang-arema-fc-vs-persebaya-surabaya-begini-pujian-javier-roca-untuk-aji-santoso-BYfOFZiEYY.jpg Javier Roca beri pujian kepada pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoto (Foto: MPI)

JELANG Arema FC vs Persebaya Surabaya, begini pujian Javier Roca untuk Aji Santoso akan diulas pada artikel ini. Menjelang laga derby Jawa Timur antara Arema FC kontra Persebaya Surabaya, kedua tim saling memberikan pujian.

Javier Roca pelatih Arema FC sempat memperkuat Persebaya Surabaya di musim 2008 - 2009. Sementara Aji Santoso bahkan pernah bermain untuk Persebaya Surabaya dan Arema FC.

Aji Santoso

Khusus untuk Aji Santoso yang lahir di Malang dibesarkan Arema FC sebelum akhirnya memperkuat Persebaya Surabaya di musim kompetisi 1995 - 1996. Pelatih berusia 52 tahun ini akhirnya kembali ke Arema FC sebagai pemain pada musim 2001 - 2002.

Saat pensiun dari pesepakbola dan berkarier sebagai pelatih, Aji Santoso juga sempat melatih Arema Cronus pada Januari 2017, sebelum akhirnya bergabung ke Persela Lamongan, hingga melanjutkan kariernya di Persebaya Surabaya pada Oktober 2019.

BACA JUGA:MotoGP Jepang 2022: Finis Keempat, Marc Marquez Masih Pembalap Honda Terbaik

Javier Roca pun menyebut Aji Santoso sebagai pelatih berpengalaman di kompetisi sepakbola Indonesia. Apalagi Aji Santoso juga menjadi pelatih lokal yang cukup mentereng saat ini.

"Menurut saya dia itu adalah coach berpengalaman dan dia juga pernah menjadi pemain. Dia adalah coach lokal yang menjadi patokan saya dan pelatih lain yang sebenarnya masih belajar," ucap Javier Roca pada Senin (26/9/2022) saat latihan di Kabupaten Malang.

Pengalaman Aji Santoso saat membela Arema FC dan Persebaya Surabaya baik sebagai pemain dan pelatih juga dirasakan Javier Roca cukup menarik. Apalagi kedua tim ini memiliki sejarah rivalitas tinggi di kancah persepakbolaan Indonesia.

Aji Santoso

"Ya menarik juga ya. Paling enggak kita pernah bela tim lawan. Paling tidak kita tau ciri khas tim dari dulu persebaya dan ciri khas dulu dari arema. Tapi kembali lagi, sekarang kan zaman berbeda. Paling ya kita sesuaikan dengan apa yang kita punya dalam tim. Ya paling tidak kita harus dapat hasil yang terbaik," jelasnya.

Javier Roca juga mengakui ada ciri khas khusus dari strategi yang dimainkan Aji Santoso saat menukangi Persebaya Surabaya dan Arema FC di musim 2017 lalu. Hal itu yang membuat Javier Roca terinsipirasi dari sosok Aji Santoso untuk memainkan sepakbola dengan gaya atraktif.

"Dari segi strategi secara permainan sejak beberapa tahun kemarin kan Persebaya main secara taktikal dan menghibur," kata pelatih asal Cile ini.

Pelatih berusia 45 tahun ini juga memuji tangan dingin Aji Santoso saat memoles pemain - pemain muda menjadi bintang yang berkualitas. Apalagi Aji Santoso juga dinilai Javier Roca jeli melihat potensi pesepakbola muda dan menjadikannya lebih matang.

"Kalau mereka memiliki pondasi anak muda itu bagus. Bibit-bibit anak muda di Surabaya kan bagus - bagus dan banyak, mau dibilang untung atau enggak, ya itu tergantung mereka bisa kerja, dan menjalankan tugas yang diberikan coach. Tapi biasanya kalau pemain muda semangat, dan arek-arek Surabaya ini memang semangat itu satu kelebihan mereka," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini