Share

Mengintip Berapa Biaya Pembuatan Stadion GBK

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Jum'at 23 September 2022 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 51 2673391 mengintip-berapa-biaya-pembuatan-stadion-gbk-dCyLtHxiLW.jpeg Mengintip biaya pembangunan Stadion GBK (Foto: Rivan Nasri Rachman/Okezone)

MENGINTIP berapa biaya pembuatan Stadion GBK, akan dibahas Okezone. Stadion dengan nama lengkap Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) itu memiliki sejarah panjang.

Sejarah pembangunan stadion ini menarik untuk dibahas. Stadion yang berdiri kukuh di Kompleks Olahraga Bung Karno ini menjadi salah satu stadion terbaik di Tanah Air.

Mengintip Berapa Biaya Pembuatan Stadion GBK

(Penampakan Stadion GBK, foto: Wikimedia)

Tak hanya digunakan untuk pertandingan sepak bola saja, GBK juga kerap digunakan sebagai venue acara penting lainnya. Lantas, berapa biaya pembuatan stadion GBK yang megah ini? Simak penjelasannnya berikut ini.

Mengintip Berapa Biaya Pembuatan Stadion GBK

Sejarah awal pembangunan stadion ini dimulai saat Indonesia dipilih sebagai tuan rumah untuk ASIAN Games IV 1958. Saat itu, Presiden Ir. Soekarno mencanangkan untuk membuat stadion yang nantinya akan digunakan sebagai venue ajang tersebut.

Pada 8 Februari 1960, stadion ini mulai dibangun. Pembangunan GBK dipercayakan kepada Friederich Silaban sebagai arsitek. Tak hanya itu, proyek ini juga melibatkan banyak spesialis pembangunan dari Uni Soviet.

Pembangunan tersebut berlangsung hingga 21 Juli 1962. Sebelum dinamai sebagai Stadion Utama Gelora Bung Karno, stadion ini dinamai Stadion Utama Senayan.

Biaya pembuatan stadion ini kabarnya mencapai USD12,5 juta atau sekitar Rp15,6 miliar. Perhitungan tersebut disesuaikan dengan kurs tahun 1960, yaitu USD 1 sekira Rp1.205. Saat itu, Perdana Menteri Uni Soviet, Nikita Kruschev, turut hadir saat acara pembukaan Stadion Gelora Bung Karno.

Mengintip Berapa Biaya Pembuatan Stadion GBK

(Mochamad Iriawan meninjau Stadion GBK, foto: Istimewa)

Stadion Gelora Bung Karno yang megah telah tersohor sejak pertama kali berdiri. Dulunya, stadion ini bisa menampung sekitar 110 ribu penonton dan menjadikannya sebagai salah satu stadion terbesar di dunia.

Namun, karena adanya renovasi, kapasitas penonton stadion ini menyusut menjadi 88 ribu. Renovasi kembali dilakukan terhadap stadion ini sehingga kapasitas penonton hanya mencapati 77 ribu saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini