Share

6 Stadion dengan Biaya Pembangunan Termahal di Asia Tenggara, Nomor 1 Capai Gelontorkan Dana Rp17,6 Triliun!

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Kamis 22 September 2022 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 51 2673002 6-stadion-dengan-biaya-pembangunan-termahal-di-asia-tenggara-nomor-1-capai-gelontorkan-dana-rp17-6-triliun-cbrIDnj14r.jpg Berikut 6 stadion dengan biaya pembangunan termahal di Asia Tenggara. (Foto: Reuters)

6 stadion dengan biaya pembangunan termahal di Asia Tenggara akan dibahas Okezone. Mengingat stadion adalah salah satu elemen penting dalam bidang olahraga, dana besar tak ragu digelontorkan demi membangun stadion yang megah.

Peran penting stadion dalam olahraga utamanya terasa dalam cabang olahraga (cabor) sepakbola. Stadion bukan hanya digunakan untuk arena pertandingan saja, namun juga sebagai ikon kebanggaan suatu tim.

BACA JUGA: Profil Stadion 974, Venue Piala Dunia 2022 yang Terbuat dari Tumpukan Kontainer

Tak heran jika beberapa stadion dibangun sebagus mungkin dengan biaya yang mahal agar klub sepakbola serta penggemarnya merasa bangga. Nah, berikut adalah 6 stadion dengan biaya pembangunan termahal di Asia Tenggara.

BACA JUGA: 7 Fakta Unik Stadion Patriot Candrabhaga yang Belum Banyak Orang Tahu, Nomor 1 Kandang Klub Liga 1

6 Stadion dengan Biaya Pembangunan Termahal di Asia Tenggara

6. Stadion Aji Imbut

Stadion Aji Imbut

Salah satu lagi stadion termahal yang ada di Asia Tenggara yang rupanya ada di Indonesia, yaitu Stadion Aji Imbut. Stadion ini menjadi markas bagi klub Indonesia, Mitra Kukar.

Stadion yang terletak di Tenggarong, Kalimantan Timur, ini dibangun pada 2008 dan bisa menampung 35 ribu penonton. Kabarnya, pembangunan stadion ini menelan biaya hingga Rp1 triliun.

5. Stadion Shah Alam

Stadion Shah Alam

Negara tetangga Indonesia, Malaysia, juga memiliki Stadion Shah Alam yang ikonik dan bersejarah. Stadion ini dibangun pada awal 1990-an dengan dana pembangunan sebanyak Rp1,53 triliun.

Megahnya stadion ini kerap dijadikan sebagai tempat untuk menggelar partai final Piala Malaysia. Pasalnya, stadion ini bisa menampung 80 ribu penonton. Pada 2011, stadion ini kembali renovasi dan kabarnya menelan biaya Rp13,5 miliar.

4. Stadion Sultan Ibrahim

Darul Takzim

Masih di Malaysia, stadion ini dibangun untuk menggantikan Stadion Tan Sri Daro Hj Hassan Yunos yang menjadi kandang untuk Johor Darul Tazim. Stadion ini memiliki kapasitas sebesar 40 ribu penonton dengan perkiraan anggaran pembangunan sebesar Rp660 miliar.

3. Stadion Batakan

Stadion Batakan

Indonesia tentunya tidak mau kalah dengan negara tetangga sebelumnya. Di Indonesia terdapat Stadion Batakan yang desainnya terinspirasi dari stadion milik Arsenal. Kabarnya, stadion dengan kapasitas 42 ribu penonton ini menghabiskan dana pembangunan sebesar Rp1,38 triliun.

2. Stadion Bukit Jalil

Stadion Bukit Jalil

Stadion Bukit Jalil adalah stadion kebanggaan masyarakat Malaysia. Stadion ini dibangun pada 1998 untuk Commonwealth Games.

Namun kini, stadion tersebut telah banyak direnovasi. Kabarnya, pembangunan dan renovasi Stadion Bukit Jalil mencapai Rp5,25 triliun. Harga tersebut sebanding dengan fasilitas yang mewah dan kapasitas yang besar.

1. Singapore National Stadium

Singapore International Stadium

Negara Singapura memiliki stadion termahal di Asia Tenggara yang kabarnya menelan biaya pembangunan sebesar Rp17,6 triliun. Stadion dengan bentuk bangunan kubah ini memiliki kapasitas sebanyak 55 ribu penonton dan bisa digunakan untuk pertandingan sepakbola dan juga rugbi.

Demikian informasi mengenai 6 stadion dengan biaya pembangunan termahal di Asia Tenggara.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini